Nama : Kalista Gunesa (F1082151034)
Kelas : 4B PPAPKPT
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBE LAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD
Kelas/semester
: V (Lima)/2 (Dua)
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Jumlah
pertemuan : 1x pertemuan (70 menit)
A. Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan
secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
B.
Kompetensi
Dasar
6.2 Memerankan tokoh
drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
6.2.1 Memahami karakter tokoh drama
6.2.2 Menentukan pesan moral yang dapat di ambil
dari sebuah drama
6.2.3 Memerankan drama dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat memahami karakter tokoh
drama yang akan diperankan dengan bimbingan guru
2.
Siswa dapat menentukan pesan moral yang
terdapat dalam drama dengan bimbingan guru
3.
Siswa dapat memerankan drama dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat dengan bimbingan guru
E.
Materi
Ajar
1. Penghayatan
Penghayatan adalah
pemahaman terhadap isi naskah drama yang akan dipentaskan yang terlihat pada
ekspresi dan pemahaman karakter tokoh. Dalam bermain peran, pemahaman harus
dilakukan terhadap keseluruhan teks, tidak hanya terbatas tokoh yang diperankan
saja. Pemahaman terhadap tokoh yang diperankan tidak akan dapat dilakukan tanpa
adanya pemahaman terhadap tokoh yang lain mengenai latar belakang sosial budaya
yang ada dalam teks tersebut, dan tanggapan tokoh lain terhadap tokoh yang
diperankan.
2.
Vokal
Hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam bermain peran mengenai vokal yaitu:
a.
Kejelasan ucapan
Setiap kata atau kalimat yang ada dalam
teks drama yang diekspresikan harus dapat didengar oleh pendengar atau penonton
secara jelas. Jelas tidaknya suatu ucapan tergantung suara yang diucapkan.
Untuk dapat menghasilkan suara yang jelas rajinlah mengadakan pelatihan olah
vokal.
b.
Jeda
Masalah jeda, kalian harus dapat
mengatur secara tepat, artinya di manakah kalian boleh mengambil nafas dan
berapa lama, karena jeda merupakan faktor yang penting supaya apa yang
diucapkan sampai kepada pendengar/penonton.
c.
Ketahanan dan kelancaran
Dalam bermain peran
diharapkan seorang tokoh/pemain memiliki ketahanan dan kelancaran suara.
Seorang tokoh jangan sampai terjadi intensitas suara semakin berkurang, atau
semakin lama semakin tidak lancar dalam berdialog.
3.
Penampilan
Beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam penampilan kita adalah:
a.
Teknik muncul
Teknik muncul yakni cara yang harus
ditempuh dalam memperlihatkan diri untuk pertama kalinya.
b.
Gerakan
Gerakan artinya cara mengekspresikan
tubuh yang disesuaikan dengan dialog yang diucapkan.
c.
Cara berpakaian
Cara berpakaian sering disebut dengan
kostum. Kostum harus disesuaikan benar dengan karakter tokoh sehingga kostum
yang dipakai dapat lebih mencerminkan karakter tokoh.
d.
Pandangan
mata
Pandangan mata juga disesuaikan dengan
karakter tokoh yang diperankan.
e.
Konsentrasi
Konsentrasi merupakan pengelolaan dari
yang dapat menentukan keberhasilan dalam mengekspresikan drama, karena
konsentrasi berfungsi sebagai pembalut saat berekspresi.
F. Alokasi Waktu
1x
pertemuan (70 menit)
G. Metode Pembelajaran
Metode
pembelajaran : simulasi, Tanya jawab, diskusi, ceramah
H.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Siswa mulai kegiatan dengan
berdoa
3.
Guru memberikan apersepsi kepada
siswa untuk menggali pengetahuan awal siswa dengan memberikan pertanyaan
seperti:
a.
Siapa yang suka menonton televisi
di rumah?
b.
Tayangan apa yang kalian sukai di
televisi?
4.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
5.
Guru mengajak siswa untuk
menyanyikan lagu “Ku Bersiap Untuk Belajar” untuk memotivasi siswa siswa agar
bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
6.
Guru menanyakan kehadiran siswa
|
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa bersama guru melakukan tanya
jawab tentang drama
2.
Guru mengingatkan kembali tentang
tentang naskah yang dibagikan pada pertemuan sebelumnya
3.
Pada pertemuan sebelumnya, peran
siswa pada naskah drama telah dibagikan oleh guru dan akan di praktikan di
depan kelas
4.
Siswa diperkenankan oleh guru
mempersiapkan diri untuk maju ke depan kelas
5.
Siswa maju ke depan untuk
menampilkan drama
6.
Guru mengamati dan menilai
jalannya pementasan drama
7.
Siswa kembali ke tempat duduk
8.
Guru menanyakan pesan moral yang
dapat di ambil dari jalannya cerita yang telah di tampilkan
9.
Siswa mengidentifikasi pesan moral
yang dapat di ambil dari jalannya cerita
10.
Guru memberikan penguatan konsep
yang belum tepat kepada siswa
|
|
Penutup
|
1.
Guru bertanya kepada siswa
“apakah ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas mengenai materi yang sudah
di sampaikan guru?”
2.
Guru memberikan pekerjaan rumah
yang ada di buku
3.
Guru memeinta siswa untuk membuat
kesimpulan mengenai materi yang sudah dijelaskan
4.
Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan salam
|
|
I. Penilaian
Kriteria Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Deskripsi Penilaian
|
Skor
|
Percaya Diri
|
Tidak berani tampil kedepan kelas
Kurang berani tampil kedepan kelas
Berani tampil kedepan kelas dengan dipanggil guru
Berani tampil kedepan kelas tanpa disuruh
|
1
2
3
4
|
Ekspresi
|
Tidak tepat mimik muka dengan peran tokoh
Kurang tepat mimik muka dengan peran tokoh
Hampir tepat mimik muka dengan peran tokoh
Tepat mimik muka dengan peran tokoh
|
1
2
3
4
|
Lafal
|
Tidak jelas mengucapkan bunyi bahasa
Kurang jelas mengucapkan bunyi bahasa
Cukup jelas mengucapkan bunyi bahasa
Jelas mengucapkan bunyi bahasa
|
1
2
3
4
|
Intonasi
|
Nada pembacaan kalimatnya tidak bersuara
Nada pembacaan kalimatnya dengan suara kecil
Nada pembacaan kalimatnya dengan suara sedang
Nada pembacaan kalimatnya dengan suara tinggi
|
1
2
3
4
|
Format Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
|||
Percaya Diri
|
Ekspresi
|
Lafal
|
Intonasi
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
dst.
|
|
Catatan
:
Skor
yang diperoleh : Hasil semua
penjumlahan skor yang di dapat
Skor
maksimal : 16
J. Sumber Belajar
Rahayu,
Sri dan Rahayu, Yanti Sri. 2009. Bahasa Indonesia Untuk SD/MI Kelas V.
Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.
K. Evaluasi
1. Soal
Bacalah teks dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan di
bawahnya!
Vidia :”Ya ampun, baju ku yuni, kau punya mata gak sih?”
Yuni :”Maaf kak, yuni nggak sengaja.”
Vidia :”Ya ampun, baju ku yuni, kau punya mata gak sih?”
Yuni :”Maaf kak, yuni nggak sengaja.”
Vidia :”Kakak
nggak mau tau, pokonya kau cuci baju kakak ini sampai bersih.”
Yuni :”Iya
kak nanti dulu ya, yuni masih bantu ibu masak. Tunggu ini selesai ya.”
Vidi :”Pokoknya
sekarang!”
1.
Dari bacaan teks di atas, watak tokoh
Vidia mencerminkan orang yang …
a.
Baik hati
b.
Lemah lembut
c.
Penyayang
d.
Pemarah
2.
Tokoh-tokoh yang ada dalam drama di atas
adalah …
a.
Vidia, yuni, ibu
b.
Ibu dan yuni
c.
Vidia dan ibu
d.
Yuni dan vidia
3.
Latar tempat dari peristiwa di atas
terjadi di …
a.
Halaman rumah
b.
Ruang tamu
c.
Pasar
d.
Dapur
4.
“Darimana saja kau Tina, jam segini baru
pulang?” Tanya ibu sambil melihat jam dinding
Dialog di atas di ucapkan dengan nada …
a. Keras sambil bercanda
b. Marah dan serius
c. Rendah dan penuh tanya
d. Penuh kasih sayang
5.
Perhatikan teks berikut ini !
"Ah, sudahlah, semua usahaku sia-sia. Aku tak akan berhasil memperbaikinya."
Nada saat mengucapkan kutipan dialog di atas adalah ....
a. cemas
b. putus asa
c. lega
d. malas
"Ah, sudahlah, semua usahaku sia-sia. Aku tak akan berhasil memperbaikinya."
Nada saat mengucapkan kutipan dialog di atas adalah ....
a. cemas
b. putus asa
c. lega
d. malas
6.
Seima : “ Nanti
malam kita nonton, yuk !
Rheissa
: “ ....
Seima
: “ Di lapangan, ada pentas seni dalam rangka Hari Sumpah Pemuda.”
Kalimat yang diucapkan Rheissa untuk
melengkapi percakapan di atas adalah ....
a.
Lain kali saja, saya sedang sibuk
b.
Ayo, kapan kita pergi
c.
Dimana nontonnya ? dan ada acara apa ?
d.
Acaranya seru tidak ?
7.
Yusril : “Dit,
kita ke rumah Fazri yu !”
Aditya : “Mau apa ke rumah
Fazri ?”
Yusril : “Kita kan mau mengerjakan
PR Matematika.”
Aditya : “Oh iya, aku lupa, ayo kita
segera pergi !”
Kesimpulan percakapan di atas adalah....
a.
Yusril mengajak Aditya bermain ke rumah
Fazri.
b.
Aditya tidak mau pergi bersama Yusril.
c.
Yusril mengajak Aditya mengerjakan PR
Matematika di rumah Fazri.
d.
Yusril mengajak Aditya meminjam PR
Matematika kepada Fazri.
8.
Roi : ”Aduh . . . lama
amat sih! Udah hampir jam sembilan
belum datang juga.”
Nada yang tepat pada saat mengucapkan kutipan dialog drama di atas adalah . . . .
a. sedih
Nada yang tepat pada saat mengucapkan kutipan dialog drama di atas adalah . . . .
a. sedih
b.
gembira
c.
malas
d.
kesal
9.
Dina :”Adi, kamu itu memang keterlaluan. Kamu tahu kan,
Siska itu lemah jantung! Teganya kamu
bentak-bentak dia hingga menangis dan pingsan.”
Adi :”Biar saja, itu urusanku. Lagian kenapa sih kamu ikut-ikutan? Jangan sok pahlawan lah!”
Adi :”Biar saja, itu urusanku. Lagian kenapa sih kamu ikut-ikutan? Jangan sok pahlawan lah!”
Berdasarkan percakapan di atas, watak tokoh Adi adalah . . . .
a.
Kasar, keras kepala,
pemarah,dan jahat
b.
Baik hati dan penyabar
c.
Suka menolong dan
sayang terhadapsesama
d.
Sombong dan pembohong
10. Bacalah teks dialog
berikut kemudian jawablah pertanyaan di bawahnya!
Agus :
"Hai, hati-hati dong kalau bersepeda!" (dengan marah)
Deri :
"Aku...aku..." (jawab Deri ketakutan)
Doni :
"Seharusnya kami yang marah, bukan kamu. Kamu yang tidak berhati-hati.” (Doni
berkata kepada marah sambil mendekati Agus)
Agus : "Jangan ikut campur ya! Aku ngomong dengan
dia." (masih dengan marah)
Doni :
"Dia juga temanku. Aku wajib membelanya karena dia tidak bersalah
Amanat yang
terkandung dalam cuplikan teks drama adalah ….
a.
Kita
tidak boleh main hakim sendiri dan menyalahkan orang lain tanpa bukti yang
pasti
b.
Orang yang lemah selalu kalah
c.
Kita harus menyalahkan orang yang telah
menabrak dan melukai kita
d.
Orang
yang salah tetap harus mendapatkan pembelaan
2. Kunci
Jawaban Dan Penilaian
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
D. Pemarah
|
10
|
2.
|
D. Yuni dan Vidia
|
10
|
3.
|
D. Dapur
|
10
|
4.
|
B. Marah dan Serius
|
10
|
5.
|
B.
Putus Asa
|
10
|
6.
|
C.
Dimana nontonnya ? Dan ada acara apa ?
|
10
|
7.
|
C. Yusril mengajak Aditya
mengerjakan PR Matematika di rumah Fazri.
|
10
|
8.
|
D. Kesal
|
10
|
9.
|
A.
Kasar, keras
kepala, pemarah,dan jahat
|
10
|
10.
|
E.
Kita
tidak boleh main hakim sendiri dan menyalahkan orang lain tanpa bukti yang
pasti
|
10
|
Jumlah Skor
|
100
|
|
||||
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar