Sabtu, 03 Juni 2017

RPP MATEMATIKA KELAS 4 SD (INDAHNYA KEBERSAMAAN)

Nama : Kalista Gunesa (F1082151034)
Kelas   : 4B PPAPKPT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

Satuan Pendidikan       : SDN 05 Sintang
Kelas/Semester             : IV/1
Tema                             : Indahnya Kebersamaan (1)
Sub Tema                      : Keberagaman Budaya Bangsaku (1)
Pertemuan                    : 2
Alokasi Waktu              : 6 x 35 Menit

A.    Kompetensi Inti
K1             : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
K2             : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  
                    diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
K3             : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
                    membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,   makhluk
                    ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
                    sekolah, dan tempat bermain.
K4             : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,      
                    dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
                    dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
MATEMATIKA
3.8  Menjelaskan segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
4.8  Mengidentifikasi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
Indikator:
3.8.1 Menyebutkan contoh-contoh segi banyak di sekitar.
4.8.1 Menuliskan segi banyak dalam bentuk diagram frayer (contoh, bukan contoh, ciri-ciri dan definisi).

PPKN
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.1 Mempresentasikan keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di indonesia.
4.4.1 Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

SBDP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
3.3.1 Mengidentifikasi dasardasar gerakan tari bungong jeumpa.
4.3.1 Siswa mempraktikkan gerak dasar tari bungong jeumpa dengan hitungan dari guru.

C.    Tujuan
1.      Setelah mengamati berbagai bentuk bangun datar, siswa mampu menyebutkan contoh-contoh segi banyak di sekitar dengan benar.
2.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu menuliskan konsep segi banyak dalam  bentuk diagram frayer (contoh, bukan contoh, ciri-ciri dan definisi) dengan benar.
3.      Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi dasar-dasar gerakan Tari bungong jeumpa dengan posisi tubuh berdiri dengan benar.
4.      Setelah melihat contoh, siswa membuat mempraktikkan dasar-dasar Gerakan tari bungong jeumpa (posisi tubuh berdiri) diiringi hitungan dari Guru dengan benar.
5.      Setelah mencari informasi, siswa mampu mempresentasi keberagaman Indonesia.
6.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan menjelaskan makna Pesatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
     
D.     Materi Pokok
1.         Menuliskan tugas dengan mengamati dan menuliskan bangun-bangun datar yang  terdapat pada gambar yang telah disediakan Hal 17
2.         Melatih diri dengan berdiskusi dan menuliskan tugas di sekolah dengan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bentuk segibanyak dan yang bukan segibanyak yang telah  Hal 18
3.         Melatih diri dengan berdiskusi dan menuliskan tugas di sekolah yang berhubungan dengan mengelompokkan berbagai macam bentuk segibanyak dan yang bukan segibanyak yang terdapat pada gambar pawai budaya (hal 17) Hal 19
4.         Menuliskan tugas dengan mengamati lingkungan sekitar dan menuliskan hasil pengamatan berupa segibanyak dan yang bukan segibanyak yang terdapat di lingkungan sekitar beserta manfaatnya Hal 20
5.         Menuliskan tugas dengan mengisi diagram frayer mengenai hal-hal yang berupa segibanyak dan yang bukan segibanyak Hal 21
6.         Melatih diri berkreasi dengan membuat tangram berupa satu bentuk keunikan keberagaman indonesia dapat berupa rumah, tarian, dan lain-lain Hal 25
7.         Menuliskan tugas dengan mengisi tabel berupa mengidentifikasi keberagaman berdasarkan soal cerita dan gambar yang telah disediakan (hal 28) Hal 29
8.         Melatih diri dengan berdiskusi dan menuliskan tugas di sekolah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa soal cerita (hal 29) yang telah di sediakan pada kalender bekas Hal 30
9.         Melatih diri dan menuliskan tugas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa  keragaman yang dimiliki dalam anggota kelompok Hal 31-32
E.     Materi Pembelajaran
1.      Menuliskan tugas dengan mengamati dan menuliskan bangun-bangun datar yang  terdapat pada gambar yang telah disediakan hal 17
Siswa menuliskan tugas dengan mengamati dan menuliskan bangun-bangun datar yang terdapat pada gambar yang telah disediakan pada buku siswa Halaman 17
2.      Melatih diri dengan berdiskusi dan menuliskan tugas di sekolah dengan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bentuk segibanyak pada gambar yang telah disediakan hal 18
Siswa bersama dengan kelompoknya mengamati, mendiskusikan, dan melatih diri dengan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bentuk segibanyak pada gambar yang telah disediakan yang terdapat pada buku siswa Halaman 18
3.      Menuliskan tugas di sekolah yang berhubungan dengan mengelompokkan berbagai macam bentuk segibanyak dan yang bukan segibanyak yang terdapat pada gambar pawai budaya dan mendiskusikan hasil jawaban dengan teman (hal 17) hal 19
Siswa menuliskan tugas di sekolah dengan mengamati dan mengelompokkan berbagai macam bentuk segibanyak dan yang bukan segibanyak  pada gambar pawai budaya halaman 17 dan kemudian siswa mendiskusikan hasil jawabannya bersama dengan temannya yang terdapat pada buku siswa Halaman 19
4.      Menuliskan tugas dengan mengamati lingkungan sekitar dan menuliskan hasil pengamatan berupa segibanyak dan yang bukan segibanyak yang terdapat di lingkungan sekitar hal 20
Siswa menuliskan tugas disekolah dengan mengamati lingkungan sekitar dan mengelompokkan berbagai macam bentuk segibanyak dan bukan segibanyak yang terdapat di lingkungan sekitar yang terdapat pada buku siwa Halaman 20
5.      Menuliskan tugas dengan mengisi diagram frayer mengenai hal-hal yang berupa segibanyak dan yang bukan segibanyak Hal 21
Siswa menuliskan tugas di sekolah dengan mengisi diagram frayer mengenai hal-hal yang berupa segibanyak dan yang bukan segibanyak yang terdapat pada buku siswa Halaman 21

6.      Melatih diri berkreasi dengan membuat tangram berupa satu bentuk keunikan keberagaman Indonesia dapat berupa rumah adat, tarian, dan lain-lain Hal 25
Siswa melatih diri dengan berkreasi membuat tangram berupa bentuk satu bentuk keunikan keberagaman Indonesia seperti rumah adat, tarian dan lain-lain yang terdapat pada buku siswa Halaman 25
7.      Menuliskan tugas dengan mengisi tabel berupa mengidentifikasi keberagaman berdasarkan soal cerita dan gambar yang telah disediakan (hal 28) Hal 29
Siswa menuliskan tugas di sekolah dengan mengisi tabel dengan mengidentifikasi keberagaman berdasarkan soal cerita dan gambar pada halaman 28 yang terdapat pada buku siswa Halaman 29
8.      Melatih diri dengan berdiskusi dan menuliskan tugas di sekolah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa soal cerita (hal 29) yang telah di sediakan pada kalender bekas Hal 30
Siswa bersama dengan kelompoknya berdiskusi dan menuliskan tugas di sekolah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasrkan soal cerita halaman 29 yang terdapat pada buku siswa Halaman 30
9.      Melatih diri dan menuliskan tugas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa  keragaman yang dimiliki dalam anggota kelompok Hal 31-32
Siswa menuliskan tugas di sekolah dengan menjawab  pertanyaan-pertanyaan berupa keragaman yang di miliki dalam anggota kelompok yang terdapat pada buku siswa Halaman 31-32

F.     Pendekatan Dan Metode Pembelajaran
  Pendekatan           : Saintifik
  Metode                  : Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab, dan  Demonstrasi
G.    Media Alat Pembelajaran
A. Tangram
B. Origami
C. Video tari bungong jeumpa
H.    Sumber Belajar
·         Afriki, Dkk. 2014. Buku Siswa Tema 3 “Indahnya Kebersamaan”  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2014 Untuk SD/MI Kelas IV Edisi Revisi. Jakarta, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Halaman 17)
·         Afriki, Dkk. 2014. Buku Guru Tema 3 “Indahnya Kebersamaan”  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2014 Untuk SD/MI Kelas IV Edisi Revisi. Jakarta, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Halaman 19)

I.       Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
A.    Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
1.      Guru mengucapkan salam kepada siswa
2.      Guru meminta siswa untuk berdoa
3.      Guru mengecek kehadiran siswa
4.      Guru menyampaikan tema yang akan dibahas, yaitu indahnya kebersamaan dengan subtema keberagaman budaya bangsaku  
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

B.        Kegiatan Inti
·         Kegiatan I
1.      Pada awal pembelajaran, guru mengingatkan siswa kembali cerita tentang pawai budaya.
2.      Guru menunjukkan kepada siswa gambar tentang pawai budaya (mengkomunikasikan)
3.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari lima siswa (mengkomunikasikan)
4.      Siswa mengamati gambar pawai budaya yang ada di buku siswa (menganalisis)
5.      Dalam kelompoknya, siswa diminta mengidentifikasi bangun datar yang ada pada gambar. (siswa menuliskan nama dan bangun bangun yang ditemukan. Jika ada bangun yang sulit diberi nama siswa tidak perlu menuliskan namanya) (mencoba)
6.       Siswa menuliskan jawabannya di kertas plano atau kalender bekas (mencoba)
7.       Setiap kelompok menukarkan jawabannya dengan kelompok lain (mengkomunikasikan)
8.      Satu kelompok diminta oleh guru untuk menyampaikan jawabannya, sementara kelompok lain memberikan tanda jika jawabannya benar (mencoba dan konfirmasi)
9.      Kelompok lain diberi kesempatan oleh guru jika ada jawaban yang berbeda (mencoba)
10.  Siswa diminta oleh guru untuk mengelompokkan bangun datar yang ditemukan (mencoba)
11.  Guru berkeliling melihat hasil pekerjaan siswa. Guru menanyakan kepada tiap kelompok alasan pengelompokkannya (menganalisis)
12.  Guru menulis di papan tulis segi banyak dan bukan segi banyak.
13.  Guru menanyakan kepada siswa, apa yang mereka ketahui tetang segi banyak. Siswa menjawab secara bergantian (menalar)
14.  Siswa dan guru secara klasikal menyimpulkan tentang segi banyak (konfirmasi)
15.  Siswa secara individu mengelompokkan bangun-bangun tersebut ke dalam tabel yang sudah disiapkan di buku siswa. (segi banyak dan bukan segi banyak) (mencoba)
16.   Siswa secara berpasangan akan menukarkan jawaban dengan temannya. Siswa menjelaskan kepada pasangannya alasan bangun tersebut dinamakan segi banyak dan bukan segi banyak. Guru berkeliling untuk melihat dan menanyakan jawaban siswa (mengkomunikasikan dan menganalisis)
17.  Secara individu, siswa diminta menemukan contoh-contoh segi banyak dan bukan yang ada di kelas. Siswa menulis menulis jawabannya pada tabel yang sudah disiapkan (menalar)
18.   Setelah semua siswa selesai menemukan contoh-contoh, guru akan melakukan diskusi klasikal untuk menemukan manfaat dari segi banyak (mengkomunikasikan)
19.  Guru bisa membawa berbagai gambar yang menunjukkan manfaat dari segi banyak. Misalkan sarang lebah. Siswa secara bergantian akan menjelaskan manfaat dari segi banyak dalam kehidupan sehari-hari. Guru memberikan penguatan kepada siswa untuk bersyukur atas segala hal yang sudah tuhan ciptakan untuk manusia. (siswa bias membaca cerita tentang lebah) (mencoba dan konfirmasi)
20.  Siswa mengerjakan diagram frayer tentang segi banyak. Siswa menuliskan menuliskancontoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan definisi dari segi banyak (mencoba)
21.  Pokok bahasa segi banyak kali ini adalah latihan awal siswa membuat diagram frayer. Siswa dibimbing oleh guru dengan memberikan instruksi satu persatu. Mulai dari mengisi bagian contoh setelah selesai bukan contoh dan seterusnya. Guru mencontohkan menuliskan ciri-ciri dari sebuah konsep dengan terperinci. Setelah menulis contoh, bukan contoh, ciri-ciri dan definisi, guru mencontohkan cara menulis definisi dengan kalimat yang dibuat sendiri. Diharapkan dengan hal ini siswa akan semakin paham akan konsep yang dipelajari. Pada pertemuan selanjutnya siswa sudah mandiri membuat diagram ini.
22.  Jika diagram frayer di buku siswa dirasa terlalu kecil, guru bias memfotokopi contoh  diagram ini di halaman 21
23.  Di akhir pembelajaran siswa membuat tangram. Tangram ini akan diguna kan untuk membuat kolase. Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat tangram (mencoba)
·         Kegiatan II
24.  Pada sesi kali ini, siswa akan belajar tari daerah. Tari yang dipelajari adalah bungong jeumpa atau tarian daerah lainnya. Guru menyiapkan video tarian, musik. Jika memungkinkan guru bisa menari di depan siswa sebagai contoh.
25.  Siswa diminta mengamati video atau tarian langsung. Siswa mendiskusikan dasar-dasar gerakan tarian. Siswa juga bisa mengamati dasar-dasar gerakan yang ada di buku siswa (menganalisis)
26.  Guru mempraktikkan satu persatu dasar-dasar gerakan tarian. Guru menjelaskan posisi tubuh setiap dasar gerakan (mengkomunikasikan)
27.  Siswa mempraktikkan bersama-sama setiap dasar-dasar gerakan. Guru memberi aba-aba dengan hitungan sampai 8. Guru mengamati siswa dan membetulkan jika ada gerakan yang kurang tepat (mencoba dan menganalisis)
28.  Siswa dibagi menjadi kelompok. Setiap kelompok terdiri dari delapan siswa.
29.  Dalam kelompoknya, siswa mempraktikkan dasar-dasar gerakan a-d dengan aba-aba dari guru (menalar)
30.  Siswa mempraktikkan setiap dasar-dasar gerakan di depan kelompoknya. Siswa lain menilai dan memberikan komentar (mencoba dan menganalisis)
·         Kegiatan III
31.   Siswa duduk secara berkelompok.
32.   Siswa membaca dan mengamati gambar yang ada di buku siswa (menalar)
33.  Secara berkelompok siswa mengidentifikasi keberagaman yang ada. Hal-hal yang diidentifikasi ada pada tabel yang disiapkan di buku siswa (menalar)
34.  Siswa bisa mencari informasi dari berbagai sumber untuk melengkapi informasinya (menganalisis)
35.   Setiap kelompok akan menukar hasil pekerjaannya dengan kelompok lain (mengkomunikasikan)
36.  Guru menambahkan dan menguatkan jika ada hal-hal yang belum jelas (konfirmasi)
37.  Guru menguatkan bahwa masyarakat indonesia sangat beragam suku bangsa, budaya, dan social (konfirmasi)
38.  Guru menanyakan kepada siswa, apakah mereka hidup berdampingan dengan baik?
39.  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab.
40.  Siswa membaca teks “sigap membantu sesama” (menalar)
41.  Secara individu siswa membaca teks yang ada di buku siswa dengan membaca dalam hati (menalar)
42.  Bersama dengan kelompoknya siswa menjawab yang ada di buku siswa. Siswa menulis jawabannya di kertas plano atau kalender bekas (mencoba)
43.  Siswa menempel jawabannya pada dinding kelas.
44.  Satu siswa dalam kelompok akan berdiri di depan pekerjaannya untuk berpresentasi kepada siswa lain yang mengunjungi. Sementara, siswa yang lain akan berkunjung ke pekerjaan kelompok lain dengan aba-aba tepuk tangan. Guru memastikan bahwa semua siswa tenang dan berdiskusi berjalan dengan baik. Siswa yang mengunjungi hasil pekerjaan siswa lain bisa memberikan pertanyaan ataupun saran (menalar dan mngamati)
45.  Ketika diskusi sudah selesai, setiap siswa akan duduk di tempat masingmasing untuk mendiskusikan kembali hasil pekerjaannya (mengkomunikasikan)
46.  Siswa dan guru  mendiskusikan jawaban dari setiap pertanyaan satu persatu. Guru menyimpulkan bahwa setiap orang itu berbeda. Baik dari suku bangsa, sosial dan budaya. Pengikat dari keberagaman adalah persatuan dan kesatuan. Dengan sikap persatuan dan kesatuan setiap orang bisa bekerjasama dengan baik dengan orang-orang yang berbeda (menganalisis dan konfirmasi)
47.  Siswa diberikan kesempatan oleh guru untuk bertanya dan memberikan pendapat. Guru memotivasi siswa untuk menguatkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari (menalar)
48.  Guru menanyakan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
49.  Siswa menjawab secara bergantian (menalar dan mengamati)

C.    Kegiatan penutup
1.       Evaluasi
2.       Refleksi
·               Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini ?
·               Kegiatan apa yang kamu sukai ? Mengapa ?
·               Kegiatan mana yang paling mudah atau paling sulit ? Mengapa ?
·               Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah tadi kita belajar?
3.       Guru memberikan penguatan dan mengajak siswa membuat kesimpulan tentang pembelajaran hari ini
4.       Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan esok hari
5.       Meminta seorang siswa memimpin doa
6.       Siswa memberi salam kepada guru

J.      Hasil Penilaian Pembelajaran
1.      Penilaian Pengetahuan
Pedoman Penilaian
Tes Tertulis                  : Skor
Skor Maksimal            : 100

Penilaian (penskoran) :   x 100



Konversi Nilai
(skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Bagus)
51-56
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kurang

a)      Soal Dan Kunci Jawaban
Soal:
1.      Pada gambar di bawah ini, gambar manakah yang termasuk segibanyak

Right Arrow: C
Flowchart: Preparation: A Cross:  D
 


Oval: H




  
Flowchart: Manual Operation: GRegular Pentagon: FFlowchart: Delay: E                                                            B



2.      Tuliskan 5 benda yang terdapat di rumahmu yang bukan termasuk segibanyak
3.      Tuliskan 5  sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan

Kunci Jawaban:
1.      A
C
D
F
G
2.      A. Kipas angin
B. Jam dinding
C. Piring
D. Bantal guling
E. Gelas       
3.      a. Membersihkan lingkungan bersama
b. Menjenguk teman yang sakit
c. Saling menghormati
d. Membantu teman yang sedang kesulitan
e. Melaksanakan piket di sekolah
b)     Pedoman Penskoran
                            
Tabel penilaian untuk soal nomor 1


HASIL

SKOR
Jika jawaban benar 5
10
Jika jawaban benar 4
8
Jika jawaban benar 3
6
Jika jawaban benar 2
4
Jika jawaban benar 1
2
Keterangan :

        Jumlah skor maksimal adalah 10

       Nilai 1 =  x 100

Tabel penilaian untuk soal nomor 2


HASIL

SKOR
Jika jawaban benar 5
10
Jika jawaban benar 4
8
Jika jawaban benar 3
6
Jika jawaban benar 2
4
Jika jawaban benar 1
2
Keterangan :

        Jumlah skor maksimal adalah 10

        Nilai 2 =  x 100







Tabel penilaian untuk soal nomor 3


HASIL

SKOR
Jika jawaban benar 5
10
Jika jawaban benar 4
8
Jika jawaban benar 3
6
Jika jawaban benar 2
4
Jika jawaban benar 1
2
Keterangan :

        Jumlah skor maksimal adalah 10

        Nilai 2 =  x 100

Hasil Nilai Akhir :
Text Box:    Nilai Akhir =     (nilai 1 + nilai 2 + nilai 3)/3
 


          



2.      Penilaian keterampilan

1.   Matematika    : Diagram Frayer


Kriteria

Sangat baik (4)

Baik (3)

Cukup (2)
Perlu pendampingan (1)
Contoh
Menyebutkan
minimal 4 contoh
segi banyak
dengan benar.
Menyebutkan
minimal 3 contoh
segi banyak
dengan benar.
Menyebutkan
minimal 2 contoh
segi banyak
dengan benar.
Menyebutkan
minimal 1 segi
banyak dengan
benar.
Bukan Contoh
Menyebutkan
minimal 4 contoh
bukan segi
banyak dengan
benar.
Menyebutkan
minimal 3 contoh
bukan segi
banyak dengan
benar.
Menyebutkan
minimal 2 contoh
bukan segi
banyak dengan
benar.
Menyebutkan
minimal 1 contoh
bukan segi
banyak dengan
benar.
Ciri-ciri
Menjelaskan 4
ciri segi banyak
dengan benar.
Menjelaskan
3 ciri-ciri segi
banyak dengan
benar.
Menjelaskan
2 ciri-ciri segi
banyak dengan
benar.
Menjelaskan
1 ciri-ciri segi
banyak dengan
benar.
Definisi
Menjelaskan
definisi segi
banyak dengan
bahasa sendiri
secara benar dan
terperinci.
Menjelaskan
definisi segi
banyak dengan
bahasa dengan
benar, namun
kurang terperinci
Menjelaskan
definisi segi
banyak dengan
bahasa sendiri,
namun ada
beberapa hal
yang kurang
tepat.
Definisi yang
dibuat tidak
tepat.


    Penilaian :  x 10


2.      SBdP: Menari Tarian Bungong Jeumpa

Catatan Anekdot untuk mencatat untuk melihat kemampuan siswa.

3.   PPKn              : Presentasi Keberagaman Di Indonesia


Kriteria

Sangat baik (4)

Baik (3)

Cukup (2)
Perlu pendampingan (1)
Mencari
Informasi
Menemukan
semua hal yang
diharapkan
dengan mencari
dari berbagai
sumber.
Menemukan
sebagian besar
informasi yang
diharapkan
dengan mencari
dari berbagai
sumber.
Menemukan
sebagian
informasi yang
diharapkan
dengan mencari
dari berbagai
sumber.

Menemukan
sebagian kecil
informasi yang
diharapkan
dengan mencari
dari berbagai
sumber.
Mengolah
Informasi
Menuliskan
seluruh informasi
ke dalam tabel
dengan benar.
Menuliskan
sebagian besar
informasi ke
dalam tabel
dengan benar.

Menuliskan
sebagian
informasi ke
dalam tabel
dengan benar.

Menuliskan
sebagian kecil
informasi ke
dalam tabel
dengan benar.


Menyajikan
Informasi
Menyajikan
semua informasi
dengan
sistematis
sehingga mudah
dipahami.
Menyajikan
sebagian besar
informasi dengan
sistematis
sehingga cukup
mudah dipahami.

Menyajikan
sebagian
informasi dengan
sistematis
sehingga kurang
bisa dipahami.


Menyajikan
informasi dengan
tidak sistematis
sehingga sulit
dipahami.


Penilaian :  x 10

4.   Diskusi            : Pada Saat Diskusi Keberagaman


Kriteria

Sangat baik (4)

Baik (3)

Cukup (2)
Perlu pendampingan (1)
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
Mendengarkan
teman yang
berbicara, namun
sesekali masih
perlu diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara,
namun tidak
mengindahkan.
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara).
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan
tepat.
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
namun terkadang
merespon kurang
sesuai dengan
topik.
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung.

Penilaian :  x 10

3.      Penilaian Sikap

No
Nama siswa
Perubahan tingkah laku
Tanggung  Jawab
Peduli
M
MB
MT
BT
M
MB
MT
BT
4
3
2
1
4
3
2
1
1.       
Agus Astuti








2.       
Deri Rahman Hakim








3.       
Gita Anggraini








4.       
Hendra Dama Saputra








5.       
Ilyasa Putra








6.       
Laura Adinha Candra Kirana








7.       
Revaldi Putra








8.       
Silvester Herlino









Keterangan :

BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
M : Membudaya


Penilaian (penskoran) :  x 10

2 komentar:

  1. Casinos Near Me - MapYRO
    Best งานออนไลน์ Casinos Near Me 양주 출장마사지 · Golden Nugget · Casa Hollywood Casino 화성 출장마사지 & Spa · Casa Hollywood 의왕 출장마사지 Casino & Spa · Northern Quest Resort & Casino · Hollywood Casino 경상남도 출장안마 at

    BalasHapus