Nama : Kalista Gunesa (F1082151034)
Kelas : 4B PPAPKPT
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Satuan
Pendidikan : SDN 05 Sintang
Kelas/Semester
: IV/1
Tema
: Indahnya
Kebersamaan (1)
Sub
Tema : Keberagaman
Budaya Bangsaku (1)
Pertemuan
: 2
Alokasi
Waktu : 6 x 35 Menit
A. Kompetensi Inti
K1 :
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
K2 :
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
K3 :
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat
bermain.
K4 :
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang
estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
MATEMATIKA
3.8 Menjelaskan segi banyak beraturan dan segi banyak
tidak beraturan.
4.8 Mengidentifikasi segi banyak beraturan dan
segi banyak tidak beraturan.
Indikator:
3.8.1 Menyebutkan
contoh-contoh segi banyak di sekitar.
4.8.1
Menuliskan segi banyak dalam bentuk diagram frayer (contoh, bukan contoh, ciri-ciri
dan definisi).
PPKN
3.4
Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di
indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam
berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan.
Indikator:
3.4.1
Mempresentasikan keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di indonesia.
4.4.1
Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.
SBDP
3.3
Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3
Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
3.3.1
Mengidentifikasi dasardasar gerakan tari bungong jeumpa.
4.3.1
Siswa mempraktikkan gerak dasar tari bungong jeumpa dengan hitungan dari guru.
C.
Tujuan
1. Setelah
mengamati berbagai bentuk bangun datar, siswa mampu menyebutkan contoh-contoh
segi banyak di sekitar dengan benar.
2. Setelah
bereksplorasi, siswa mampu menuliskan konsep segi banyak dalam bentuk diagram frayer (contoh, bukan contoh,
ciri-ciri dan definisi) dengan benar.
3. Setelah
mengamati, siswa mampu mengidentifikasi dasar-dasar gerakan Tari bungong jeumpa
dengan posisi tubuh berdiri dengan benar.
4. Setelah
melihat contoh, siswa membuat mempraktikkan dasar-dasar Gerakan tari bungong
jeumpa (posisi tubuh berdiri) diiringi hitungan dari Guru dengan benar.
5. Setelah
mencari informasi, siswa mampu mempresentasi keberagaman Indonesia.
6. Setelah
berdiskusi, siswa mampu menemukan menjelaskan makna Pesatuan dan kesatuan dalam
keberagaman.
D.
Materi Pokok
1.
Menuliskan tugas dengan mengamati dan
menuliskan bangun-bangun datar yang terdapat
pada gambar yang telah disediakan Hal 17
2.
Melatih diri dengan berdiskusi dan
menuliskan tugas di sekolah dengan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan
bentuk segibanyak dan yang bukan segibanyak yang telah Hal 18
3.
Melatih diri dengan berdiskusi dan
menuliskan tugas di sekolah yang berhubungan dengan mengelompokkan berbagai
macam bentuk segibanyak dan yang bukan segibanyak yang terdapat pada gambar
pawai budaya (hal 17) Hal 19
4.
Menuliskan tugas dengan mengamati
lingkungan sekitar dan menuliskan hasil pengamatan berupa segibanyak dan yang
bukan segibanyak yang terdapat di lingkungan sekitar beserta manfaatnya Hal 20
5.
Menuliskan tugas dengan mengisi diagram
frayer mengenai hal-hal yang berupa segibanyak dan yang bukan segibanyak Hal 21
6.
Melatih diri berkreasi dengan membuat
tangram berupa satu bentuk keunikan keberagaman indonesia dapat berupa rumah,
tarian, dan lain-lain Hal 25
7.
Menuliskan tugas dengan mengisi tabel
berupa mengidentifikasi keberagaman berdasarkan soal cerita dan gambar yang
telah disediakan (hal 28) Hal 29
8.
Melatih diri dengan berdiskusi dan
menuliskan tugas di sekolah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa soal
cerita (hal 29) yang telah di sediakan pada kalender bekas Hal 30
9.
Melatih diri dan menuliskan tugas dengan
menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa keragaman
yang dimiliki dalam anggota kelompok Hal 31-32
E.
Materi
Pembelajaran
1. Menuliskan tugas dengan mengamati
dan menuliskan bangun-bangun datar yang
terdapat pada gambar yang telah disediakan hal 17
Siswa
menuliskan tugas dengan mengamati dan menuliskan bangun-bangun datar yang
terdapat pada gambar yang telah disediakan pada buku siswa Halaman 17
2. Melatih diri dengan berdiskusi dan
menuliskan tugas di sekolah dengan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan
bentuk segibanyak pada gambar yang telah disediakan hal 18
Siswa
bersama dengan kelompoknya mengamati, mendiskusikan, dan melatih diri dengan
menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bentuk segibanyak pada gambar yang
telah disediakan yang terdapat pada buku siswa Halaman 18
3. Menuliskan tugas di sekolah yang
berhubungan dengan mengelompokkan berbagai macam bentuk segibanyak dan yang
bukan segibanyak yang terdapat pada gambar pawai budaya dan mendiskusikan hasil
jawaban dengan teman (hal 17) hal 19
Siswa
menuliskan tugas di sekolah dengan mengamati dan mengelompokkan berbagai macam
bentuk segibanyak dan yang bukan segibanyak
pada gambar pawai budaya halaman 17 dan kemudian siswa mendiskusikan
hasil jawabannya bersama dengan temannya yang terdapat pada buku siswa Halaman
19
4. Menuliskan tugas dengan mengamati
lingkungan sekitar dan menuliskan hasil pengamatan berupa segibanyak dan yang
bukan segibanyak yang terdapat di lingkungan sekitar hal 20
Siswa
menuliskan tugas disekolah dengan mengamati lingkungan sekitar dan mengelompokkan
berbagai macam bentuk segibanyak dan bukan segibanyak yang terdapat di
lingkungan sekitar yang terdapat pada buku siwa Halaman 20
5.
Menuliskan
tugas dengan mengisi diagram frayer mengenai hal-hal yang berupa segibanyak dan
yang bukan segibanyak Hal 21
Siswa
menuliskan tugas di sekolah dengan mengisi diagram frayer mengenai hal-hal yang
berupa segibanyak dan yang bukan segibanyak yang terdapat pada buku siswa Halaman
21
6.
Melatih
diri berkreasi dengan membuat tangram berupa satu bentuk keunikan keberagaman Indonesia
dapat berupa rumah adat, tarian, dan lain-lain Hal 25
Siswa
melatih diri dengan berkreasi membuat tangram berupa bentuk satu bentuk
keunikan keberagaman Indonesia seperti rumah adat, tarian dan lain-lain yang
terdapat pada buku siswa Halaman 25
7.
Menuliskan
tugas dengan mengisi tabel berupa mengidentifikasi keberagaman berdasarkan soal
cerita dan gambar yang telah disediakan (hal 28) Hal 29
Siswa
menuliskan tugas di sekolah dengan mengisi tabel dengan mengidentifikasi
keberagaman berdasarkan soal cerita dan gambar pada halaman 28 yang terdapat
pada buku siswa Halaman 29
8.
Melatih
diri dengan berdiskusi dan menuliskan tugas di sekolah dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan berupa soal cerita (hal 29) yang telah di sediakan pada
kalender bekas Hal 30
Siswa
bersama dengan kelompoknya berdiskusi dan menuliskan tugas di sekolah dengan
menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasrkan soal cerita halaman 29 yang terdapat
pada buku siswa Halaman 30
9.
Melatih
diri dan menuliskan tugas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa keragaman yang dimiliki dalam anggota
kelompok Hal 31-32
Siswa
menuliskan tugas di sekolah dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan berupa keragaman yang di miliki dalam anggota
kelompok yang terdapat pada buku siswa Halaman 31-32
F.
Pendekatan
Dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode :
Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab, dan Demonstrasi
G.
Media
Alat Pembelajaran
A. Tangram
B. Origami
C. Video tari bungong
jeumpa
H.
Sumber
Belajar
·
Afriki, Dkk. 2014. Buku Siswa Tema 3
“Indahnya Kebersamaan” Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2014 Untuk SD/MI Kelas IV Edisi Revisi. Jakarta, Kementerian
Pendidikan Dan Kebudayaan (Halaman 17)
·
Afriki, Dkk. 2014. Buku Guru Tema 3
“Indahnya Kebersamaan” Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2014 Untuk SD/MI Kelas IV Edisi Revisi. Jakarta, Kementerian
Pendidikan Dan Kebudayaan (Halaman 19)
I. Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran
A.
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
1.
Guru mengucapkan salam kepada siswa
2.
Guru meminta siswa untuk berdoa
3.
Guru mengecek kehadiran siswa
4.
Guru menyampaikan tema yang akan
dibahas, yaitu indahnya kebersamaan dengan subtema keberagaman budaya bangsaku
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
Inti
·
Kegiatan
I
1.
Pada awal pembelajaran, guru
mengingatkan siswa kembali cerita tentang pawai budaya.
2.
Guru menunjukkan kepada
siswa gambar tentang pawai budaya (mengkomunikasikan)
3.
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari lima siswa (mengkomunikasikan)
4.
Siswa mengamati gambar pawai
budaya yang ada di buku siswa (menganalisis)
5.
Dalam kelompoknya, siswa
diminta mengidentifikasi bangun datar yang ada pada gambar. (siswa menuliskan
nama dan bangun bangun yang ditemukan. Jika ada bangun yang sulit diberi nama
siswa tidak perlu menuliskan namanya) (mencoba)
6.
Siswa menuliskan jawabannya di kertas plano
atau kalender bekas (mencoba)
7.
Setiap kelompok menukarkan jawabannya dengan
kelompok lain (mengkomunikasikan)
8.
Satu kelompok diminta oleh
guru untuk menyampaikan jawabannya, sementara kelompok lain memberikan tanda
jika jawabannya benar (mencoba dan konfirmasi)
9.
Kelompok lain diberi
kesempatan oleh guru jika ada jawaban yang berbeda (mencoba)
10. Siswa diminta oleh guru untuk mengelompokkan bangun datar yang
ditemukan (mencoba)
11. Guru berkeliling melihat hasil pekerjaan siswa. Guru menanyakan
kepada tiap kelompok alasan pengelompokkannya (menganalisis)
12. Guru menulis di papan tulis segi banyak dan bukan segi banyak.
13. Guru menanyakan kepada siswa, apa yang mereka ketahui tetang segi banyak.
Siswa menjawab secara bergantian (menalar)
14. Siswa dan guru secara klasikal menyimpulkan tentang segi banyak
(konfirmasi)
15. Siswa secara individu mengelompokkan bangun-bangun tersebut ke
dalam tabel yang sudah disiapkan di buku siswa. (segi banyak dan bukan segi banyak)
(mencoba)
16. Siswa secara berpasangan
akan menukarkan jawaban dengan temannya. Siswa menjelaskan kepada pasangannya
alasan bangun tersebut dinamakan segi banyak dan bukan segi banyak. Guru
berkeliling untuk melihat dan menanyakan jawaban siswa (mengkomunikasikan dan
menganalisis)
17. Secara individu, siswa diminta menemukan contoh-contoh segi banyak
dan bukan yang ada di kelas. Siswa menulis menulis jawabannya pada tabel yang
sudah disiapkan (menalar)
18. Setelah semua siswa selesai
menemukan contoh-contoh, guru akan melakukan diskusi klasikal untuk menemukan manfaat
dari segi banyak (mengkomunikasikan)
19. Guru bisa membawa berbagai gambar yang menunjukkan manfaat dari
segi banyak. Misalkan sarang lebah. Siswa secara bergantian akan menjelaskan manfaat
dari segi banyak dalam kehidupan sehari-hari. Guru memberikan penguatan kepada
siswa untuk bersyukur atas segala hal yang sudah tuhan ciptakan untuk manusia.
(siswa bias membaca cerita tentang lebah) (mencoba dan konfirmasi)
20. Siswa mengerjakan diagram frayer tentang segi banyak. Siswa
menuliskan menuliskancontoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan
definisi dari segi banyak (mencoba)
21. Pokok bahasa segi banyak kali ini adalah latihan awal siswa
membuat diagram frayer. Siswa dibimbing oleh guru dengan memberikan instruksi
satu persatu. Mulai dari mengisi bagian contoh setelah selesai bukan contoh dan
seterusnya. Guru mencontohkan menuliskan ciri-ciri dari sebuah konsep dengan
terperinci. Setelah menulis contoh, bukan contoh, ciri-ciri dan definisi, guru
mencontohkan cara menulis definisi dengan kalimat yang dibuat sendiri.
Diharapkan dengan hal ini siswa akan semakin paham akan konsep yang dipelajari.
Pada pertemuan selanjutnya siswa sudah mandiri membuat diagram ini.
22. Jika diagram frayer di buku siswa dirasa terlalu kecil, guru bias memfotokopi
contoh diagram ini di halaman 21
23. Di akhir pembelajaran siswa membuat tangram. Tangram ini akan diguna
kan untuk membuat kolase. Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat tangram
(mencoba)
·
Kegiatan II
24. Pada sesi kali ini, siswa akan belajar tari daerah. Tari yang
dipelajari adalah bungong jeumpa atau tarian daerah lainnya. Guru menyiapkan video
tarian, musik. Jika memungkinkan guru bisa menari di depan siswa sebagai
contoh.
25. Siswa diminta mengamati video atau tarian langsung. Siswa mendiskusikan
dasar-dasar gerakan tarian. Siswa juga bisa mengamati dasar-dasar gerakan yang
ada di buku siswa (menganalisis)
26. Guru mempraktikkan satu persatu dasar-dasar gerakan tarian. Guru menjelaskan
posisi tubuh setiap dasar gerakan (mengkomunikasikan)
27. Siswa mempraktikkan bersama-sama setiap dasar-dasar gerakan. Guru memberi
aba-aba dengan hitungan sampai 8. Guru mengamati siswa dan membetulkan jika ada
gerakan yang kurang tepat (mencoba dan menganalisis)
28. Siswa dibagi menjadi kelompok. Setiap kelompok terdiri dari
delapan siswa.
29. Dalam kelompoknya, siswa mempraktikkan dasar-dasar gerakan a-d
dengan aba-aba dari guru (menalar)
30. Siswa mempraktikkan setiap dasar-dasar gerakan di depan
kelompoknya. Siswa lain menilai dan memberikan komentar (mencoba dan
menganalisis)
·
Kegiatan III
31. Siswa duduk secara
berkelompok.
32. Siswa membaca dan mengamati
gambar yang ada di buku siswa (menalar)
33. Secara berkelompok siswa mengidentifikasi keberagaman yang ada.
Hal-hal yang diidentifikasi ada pada tabel yang disiapkan di buku siswa
(menalar)
34. Siswa bisa mencari informasi dari berbagai sumber untuk melengkapi
informasinya (menganalisis)
35. Setiap kelompok akan
menukar hasil pekerjaannya dengan kelompok lain (mengkomunikasikan)
36. Guru menambahkan dan menguatkan jika ada hal-hal yang belum jelas
(konfirmasi)
37. Guru menguatkan bahwa masyarakat indonesia sangat beragam suku bangsa,
budaya, dan social (konfirmasi)
38. Guru menanyakan kepada siswa, apakah mereka hidup berdampingan dengan
baik?
39. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab.
40. Siswa membaca teks “sigap membantu sesama” (menalar)
41. Secara individu siswa membaca teks yang ada di buku siswa dengan membaca
dalam hati (menalar)
42. Bersama dengan kelompoknya siswa menjawab yang ada di buku siswa. Siswa
menulis jawabannya di kertas plano atau kalender bekas (mencoba)
43. Siswa menempel jawabannya pada dinding kelas.
44. Satu siswa dalam kelompok akan berdiri di depan pekerjaannya untuk
berpresentasi kepada siswa lain yang mengunjungi. Sementara, siswa yang lain
akan berkunjung ke pekerjaan kelompok lain dengan aba-aba tepuk tangan. Guru
memastikan bahwa semua siswa tenang dan berdiskusi berjalan dengan baik. Siswa
yang mengunjungi hasil pekerjaan siswa lain bisa memberikan pertanyaan ataupun
saran (menalar dan mngamati)
45. Ketika diskusi sudah selesai, setiap siswa akan duduk di tempat
masingmasing untuk mendiskusikan kembali hasil pekerjaannya (mengkomunikasikan)
46. Siswa dan guru mendiskusikan jawaban dari setiap pertanyaan
satu persatu. Guru menyimpulkan bahwa setiap orang itu berbeda. Baik dari suku
bangsa, sosial dan budaya. Pengikat dari keberagaman adalah persatuan dan
kesatuan. Dengan sikap persatuan dan kesatuan setiap orang bisa bekerjasama
dengan baik dengan orang-orang yang berbeda (menganalisis dan konfirmasi)
47. Siswa diberikan kesempatan oleh guru untuk bertanya dan memberikan
pendapat. Guru memotivasi siswa untuk menguatkan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan dalam kehidupan sehari-hari (menalar)
48. Guru menanyakan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari.
49. Siswa menjawab secara bergantian (menalar dan mengamati)
C.
Kegiatan
penutup
1. Evaluasi
2. Refleksi
·
Bagaimana perasaan kalian mengikuti
kegiatan hari ini ?
·
Kegiatan apa yang kamu sukai ? Mengapa ?
·
Kegiatan mana yang paling mudah atau
paling sulit ? Mengapa ?
·
Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam
kehidupan sehari-hari setelah tadi kita belajar?
3. Guru memberikan penguatan dan mengajak siswa
membuat kesimpulan tentang pembelajaran hari ini
4. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan
arahan kegiatan esok hari
5. Meminta seorang siswa memimpin doa
6. Siswa memberi salam kepada guru
J. Hasil Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Pengetahuan
Pedoman
Penilaian
Tes Tertulis :
Skor
Skor Maksimal : 100
Penilaian
(penskoran) :
x 100

Konversi Nilai
(skala 0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Bagus)
|
51-56
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kurang
|
a)
Soal Dan Kunci Jawaban
Soal:
1.
Pada
gambar di bawah ini, gambar manakah yang termasuk segibanyak
![]() |
|||||||
![]() |
![]() |
||||||
![]() |
|||||||




2. Tuliskan
5 benda yang terdapat di rumahmu yang bukan termasuk segibanyak
3. Tuliskan
5 sikap yang mencerminkan persatuan dan
kesatuan
Kunci
Jawaban:
1. A
C
D
F
G
2. A.
Kipas angin
B. Jam dinding
C. Piring
D. Bantal guling
E. Gelas
3. a.
Membersihkan lingkungan bersama
b. Menjenguk teman yang sakit
c. Saling menghormati
d. Membantu teman yang sedang kesulitan
e. Melaksanakan piket di sekolah
b)
Pedoman
Penskoran
Tabel penilaian untuk
soal nomor 1
HASIL
|
SKOR
|
Jika jawaban benar 5
|
10
|
Jika jawaban benar 4
|
8
|
Jika jawaban benar 3
|
6
|
Jika jawaban benar 2
|
4
|
Jika jawaban benar 1
|
2
|
Keterangan :
Jumlah skor maksimal adalah 10
Nilai 1 =
x 100

Tabel penilaian untuk soal nomor 2
HASIL
|
SKOR
|
Jika jawaban benar 5
|
10
|
Jika jawaban benar 4
|
8
|
Jika jawaban benar 3
|
6
|
Jika jawaban benar 2
|
4
|
Jika jawaban benar 1
|
2
|
Keterangan :
Jumlah skor maksimal adalah 10
Nilai
2
=
x 100

Tabel penilaian untuk soal nomor 3
HASIL
|
SKOR
|
Jika jawaban benar 5
|
10
|
Jika jawaban benar 4
|
8
|
Jika jawaban benar 3
|
6
|
Jika jawaban benar 2
|
4
|
Jika jawaban benar 1
|
2
|
Keterangan :
Jumlah skor maksimal adalah 10
Nilai 2 =
x 100

Hasil
Nilai Akhir :
![]() |
2.
Penilaian
keterampilan
1.
Matematika : Diagram Frayer
Kriteria
|
Sangat
baik (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
pendampingan (1)
|
Contoh
|
Menyebutkan
minimal
4 contoh
segi
banyak
dengan benar.
|
Menyebutkan
minimal
3 contoh
segi
banyak
dengan benar.
|
Menyebutkan
minimal
2 contoh
segi
banyak
dengan benar.
|
Menyebutkan
minimal
1 segi
banyak
dengan
benar.
|
Bukan Contoh
|
Menyebutkan
minimal
4 contoh
bukan
segi
banyak
dengan
benar.
|
Menyebutkan
minimal
3 contoh
bukan
segi
banyak
dengan
benar.
|
Menyebutkan
minimal
2 contoh
bukan
segi
banyak
dengan
benar.
|
Menyebutkan
minimal
1 contoh
bukan
segi
banyak
dengan
benar.
|
Ciri-ciri
|
Menjelaskan
4
ciri
segi banyak
dengan benar.
|
Menjelaskan
3
ciri-ciri segi
banyak
dengan
benar.
|
Menjelaskan
2
ciri-ciri segi
banyak
dengan
benar.
|
Menjelaskan
1
ciri-ciri segi
banyak
dengan
benar.
|
Definisi
|
Menjelaskan
definisi
segi
banyak
dengan
bahasa
sendiri
secara
benar dan
terperinci.
|
Menjelaskan
definisi
segi
banyak
dengan
bahasa
dengan
benar,
namun
kurang
terperinci
|
Menjelaskan
definisi
segi
banyak
dengan
bahasa
sendiri,
namun
ada
beberapa
hal
yang
kurang
tepat.
|
Definisi
yang
dibuat
tidak
tepat.
|
Penilaian :
x 10

2.
SBdP: Menari Tarian Bungong Jeumpa
Catatan
Anekdot untuk mencatat untuk melihat kemampuan siswa.
3.
PPKn : Presentasi Keberagaman Di Indonesia
Kriteria
|
Sangat
baik (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
pendampingan (1)
|
Mencari
Informasi
|
Menemukan
semua
hal yang
diharapkan
dengan
mencari
dari
berbagai
sumber.
|
Menemukan
sebagian
besar
informasi
yang
diharapkan
dengan
mencari
dari
berbagai
sumber.
|
Menemukan
sebagian
informasi
yang
diharapkan
dengan
mencari
dari
berbagai
sumber.
|
Menemukan
sebagian
kecil
informasi
yang
diharapkan
dengan
mencari
dari
berbagai
sumber.
|
Mengolah
Informasi
|
Menuliskan
seluruh
informasi
ke
dalam tabel
dengan benar.
|
Menuliskan
sebagian
besar
informasi
ke
dalam
tabel
dengan benar.
|
Menuliskan
sebagian
informasi
ke
dalam
tabel
dengan benar.
|
Menuliskan
sebagian
kecil
informasi
ke
dalam
tabel
dengan benar.
|
Menyajikan
Informasi
|
Menyajikan
semua
informasi
dengan
sistematis
sehingga
mudah
dipahami.
|
Menyajikan
sebagian
besar
informasi
dengan
sistematis
sehingga
cukup
mudah
dipahami.
|
Menyajikan
sebagian
informasi
dengan
sistematis
sehingga
kurang
bisa dipahami.
|
Menyajikan
informasi
dengan
tidak
sistematis
sehingga
sulit
dipahami.
|
Penilaian
:
x 10

4.
Diskusi
: Pada Saat Diskusi Keberagaman
Kriteria
|
Sangat
baik (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
pendampingan (1)
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan
teman
yang
sedang
berbicara
|
Mendengarkan
teman
yang
berbicara,
namun
sesekali
masih
perlu
diingatkan.
|
Masih
perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman
yang
sedang
berbicara.
|
Sering
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman
yang
sedang
berbicara,
namun
tidak
mengindahkan.
|
Komunikasi
non
verbal
(kontak
mata,
bahasa
tubuh,
postur,
ekspresi
wajah,
suara).
|
Merespon
dan
menerapkan
komunikasi
non
verbal
dengan
tepat.
|
Merespon
dengan
tepat
terhadap
komunikasi
non
verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Sering
merespon
kurang
tepat
terhadap
komunikasi
non
verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan
bantuan
dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non
verbal yang
ditunjukkan
teman.
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan,
pikiran)
|
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu
mendukung
dan
memimpin
lainnya
saat
diskusi.
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci,
merespon
sesuai
dengan topik.
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci,
namun
terkadang
merespon
kurang
sesuai
dengan
topik.
|
Jarang
berbicara
selama
proses
diksusi
berlangsung.
|
Penilaian :
x 10

3. Penilaian Sikap
No
|
Nama siswa
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
||||||||
M
|
MB
|
MT
|
BT
|
M
|
MB
|
MT
|
BT
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Agus
Astuti
|
||||||||
2.
|
Deri
Rahman Hakim
|
||||||||
3.
|
Gita
Anggraini
|
||||||||
4.
|
Hendra
Dama Saputra
|
||||||||
5.
|
Ilyasa
Putra
|
||||||||
6.
|
Laura
Adinha Candra Kirana
|
||||||||
7.
|
Revaldi
Putra
|
||||||||
8.
|
Silvester
Herlino
|
Keterangan
:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
M : Membudaya
Penilaian (penskoran) :
x 10

Terimakasi banyak ya
BalasHapusCasinos Near Me - MapYRO
BalasHapusBest งานออนไลน์ Casinos Near Me 양주 출장마사지 · Golden Nugget · Casa Hollywood Casino 화성 출장마사지 & Spa · Casa Hollywood 의왕 출장마사지 Casino & Spa · Northern Quest Resort & Casino · Hollywood Casino 경상남도 출장안마 at