RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Satuan Pendidikan : SDN 05 Sintang
Kelas/Semester : IV/1
Tema
: Peduli Terhadap Makhluk Hidup (3)
Sub Tema : Ayo, Cintai Lingkungan (3)
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A.
Kompetensi Inti
K1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
K2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
K3 : Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
K4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
dalam karya yang estetis,dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PPKN
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-
hari
4.2
Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator:
3.2.15
Menganalisis hak dan kewajiban dari masalah menjaga lingkungan yang diberikan
4.2.15
Memberikan contoh tindakan yang bisa dilakukan untuk melaksanakan hak dan
kewajiaban dalam kaitannya menjaga
lingkungan
MATEMATIKA
3.3
Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan
hasil
bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
4.3
Menyelesaikan masalah penaksiran dari
jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua
bilangan cacah maupun pecahan
Indikator:
3.3.10
Menjelaskan cara melakukan penaksiran jumlah dan selisih bilangan decimal
4.3.10
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih
bilangan decimal
SBDP
3.4
Memahami karya seni rupa teknik tempel
4.4
Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik
Indikator:
3.4.5
Menjelaskan teknik membuat montase
4.4.5
membuat montase dari bahan bekas
C. Tujuan
1.
Setelah
diberikan masalah, siswa mampu menganalisis hak dan kewajiban masyarakat
terhadap lingkungan dengan terperinci.
2.
Setelah
berdiskusi, memberikan 4 contoh tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga
lingkungannya (melaksanakan hak dan kewajiban) dengan benar.
3.
Setelah
bereksplorasi, siswa mampu Menjelaskan cara melakukan penaksiran jumlah dan selisih
bilangan desimal dengan benar Setelah bereksplorasi, siswa mampu menyelesaikan
masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan desimal
dengan benar.
4.
Setelah
mengamati montase, siswa mampu menjelaskan teknik membuat montase dengan benar.
5.
Setelah
berdiskusi, siswa mampu membuat montase dari bahan bekas dengan kreatif.
D. Materi Pokok
1.
Menuliskan
tugas dengan menjawab soal dari pertanyaan
berdasarkan teks yang telah disediakan Hal 106-107
2.
Menuliskan
tugas yang berhubungan dengan bagaimana cara kita menjaga lingkungan serta
jelaskan contohnya Hal 107
3.
Menuliskan
tugas yang berhubungan dengan contoh sikap posisitif dalam menjaga lingkungan
Hal 108
4.
Melatih
diri dengan berdiskusi dan menuliskan tugas disekolah yang berhubungan dengan
cara membuat montase Hal 109
5.
Menuliskan
tugas disekolah yang berkaitan dengan menaksir panjang benda melalui soal
cerita Hal 110
6.
Menuliskan
tugas disekolah yang berhubungan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari
soal yang berupa penaksiran Hal 111-112
E. Materi Pembelajaran
1. Menuliskan tugas dengan menjawab soal dari pertanyaan berdasarkan
teks yang telah disediakan Hal 106-107
Siswa menuliskan tugas dengan menjawab
soal dari pertanyaan yang telah disediakan berdasarkan teks bacaan yang telah
disediakan yang terdapat pada buku siswa halaman 106-107
2. Menuliskan tugas yang berhubungan dengan Bagaimana
cara kita menjaga lingkungan serta jelaskan 4 contohnya Hal 107
Siswa menuliskan tugas yang berhubungan dengan cara menjaga lingkungan
serta menjelaskan 4 contohnya yang terdapat pada buku siswa halaman 107
3. Menuliskan tugas disekolah yang berhubungan dengan
contoh sikap posisitif dalam menjaga lingkungan Hal 108
Siswa menuliskan tugas di sekolah dengan
menuliskan contoh sikap positif dalam menjaga lingkungan yang terdapat pada
buku siswa halaman 108
4. Melatih diri dengan berdiskusi dan menuliskan tugas
disekolah yang berhubungan dengan cara membuat montase Hal 109
Siswa bersama dengan kelompoknya
mengamati, mendiskusikan, dan melatih diri yang berhubungan dengan cara membuat
montase yang terdapat pada buku siswa halaman 109
5. Menuliskan tugas disekolah yang berkaitan dengan
menaksir panjang benda melalui soal cerita Hal 110
Siswa menuliskan tugas disekolah dengan
menjawab soal berdasarkan pertanyaan yang berupa cerita dengan jawaban berupa
taksiran yang terdapat pada buku siswa halaman 110
6. Menuliskan tugas disekolah yang berhubungan dengan
penaksiran menjawab pertanyaan-pertanyaan dari soal yang berupa penaksiran Hal
111-112
Siswa menuliskan tugas disekolah dengan
menjawab pertanyaan yang jawabannya berupa penaksiran yang terdapat pada buku
siswa halaman 111-112
F. Pendekatan Dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab Dan
Penugasan
G. Media Dan Alat Pembelajaran
·
Montase
·
Majalah
bekas
·
Koran
bekas
·
Kertas
hvs yang salah satunya sisinya sudah terpakai
·
Gunting
·
Lem
H. Sumber Belajar
·
Afriki,Dkk.
2013. Buku Siswa Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup” Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas IV Edisi Revisi. Jakarta, Kementerian
Pendidikan Dan Kebudayaan (Halaman 105)
·
Afriki,
Dkk. 2013. Buku Guru Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas IV Edisi Revisi. Jakarta, Kementerian
Pendidikan Dan Kebudayaan (Halaman 141)
I. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru
mengucapkan salam kepada siswa
2.
Guru
meminta siswa untuk berdoa
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa
4.
Guru
menyampaikan tema yang akan dibahas, yaitu peduli terhadap makhluk hidup dengan
subtema ayo, cintai lingkungan
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti (160 menit)
·
Kegiatan I
1.
Di
awal pembelajaran guru bertanya kepada siswa, pernahkah kalian pergi ke pasar?
Bagaimana perasaan kalian ketika di pasar? Adakah hal-hal yang baik dan kurang
baik yang kalian lihat saat dipasar?
2.
Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menyampaikan pendapatnya. Guru
juga menceritakan pengalamannya saat pergi ke pasar. Hal yang diceritakan adalah
kebersihan lingkungan di pasar (menalar)
3.
Guru bertanya kepada siswa, bagaimana kebersihan pasar yang kalian
kunjungi? Siswa menyampaikan pendapatnya. Guru, menuliskan pendapat siswa
tersebut di papan tulis. Guru menyampaikan bahwa pendapat tersebut akan
disimpan terlebih dahulu.
4.
Siswa diminta membaca teks Pergi ke Pasar yang ada di buku siswa. Siswa
membaca teks dengan membaca berantai. Satu siswa membaca kemudian siswa lain
mendengarkan. Guru menunjuk siswa lain secara acak untuk melanjutkan membaca.
Guru mengingatkan siswa untuk mendengarkan cerita dengan seksama
(mengkomunikasikan)
Pergi ke Pasar
Pulang
sekolah, Udin, Dayu dan Beni berkunjung ke pasar. Beni ingin membeli sapu
ijuk titipan ibunya. Hari itu, pasar terlihat rame. Mereka masuk ke bagian
dalam dan mencari penjual sapu ijuk. Tak berapa lama, Udin menutup
hidungnya. Ia tak kuat menahan bau menusuk yang datang dari sampah yang
berantakan di pasar. Dayu dan Beni juga ikut menutup hidung mereka.
Untungnya, penjual ijuk
segera
terlihat. Mereka segera mendatangi dan membeli sapu ijuk.
“Beni,
ayo kita segera pergi dari sini. Aku sudah tidak tahan dengan baunya.”
bisik Udin.
“Iya,
Udin. Ayo kita pergi!”sahut Beni.
“Mengapa
baunya bisa seperti ini teman-teman?”tanya Dayu.
“Sepertinya,
keadaan ini karena banyak sekali sampah yang tidak dibuang di
tempatnya,
sehingga baunya busuk. Aku khawatir, pembeli bisa sakit”
“Wah, kalau seperti ini terus, bisa-bisa
nanti terjadi banjir karena aliran air
tidak
lancar,”keluh Udin. “Apa yang harus kita lakukan, ya, teman-teman?”
“Salah
satunya, kita harus membuang sampah pada tempatnya,”jawab Beni.
Dalam
hati, mereka tidak ingin hal seperti itu terjadi pada lingkungan. Hari
itu,
Dayu, Beni dan Udin mendapat pengalaman berharga.
|
5.
Siswa diminta oleh guru untuk duduk berkelompok. Satu kelompok
terdiri dari 4 siswa. Guru mengelompokkan siswa berdasarkan hitungan 1-8 (jika
siswa berjumlah 32). Siswa yang bernomor sama akan menjadi satu kelompok. Siswa
dalam kelompok mendiskusikan pertanyaan- pertanyaan yang ada di buku siswa (mengkomunikasikan)
6.
Kelompok 1 akan bergabung dengan kelompok 2. Kelompok 3 dengan 4
dan seterusnya. Setiap kelompok memilih perwakilannya untuk berpresentasi.
Perwakilan kelompok mempresentasikan satu persatu jawabannya secara bergantian.
Misalkan perwakilan kelompok 1 mempresentasikan soal nomor 1, setelah selesai
barulah perwakilan 2 juga mempresentasikan soal nomor 1. Begitu seterusnya
secara bergantian. Teman kelompok lain bisa memberikan masukkannya
(mengkomunikasikan)
7.
Siswa dan guru akan membahas secara klasikal soal satu persatu
(menganalisis)
8.
Guru menyampaikan bahwa membuang sampah sembarangan bisa membuat
pasar menjadi bau. Ketika pasar bau, artinya sudah mengambil hak orang lain
untuk mendapatkan udara bersih. Setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang
bersih dan nyaman. Ketika kita membuang sampah sembarang, kita sudah mengambil
hak orang lain (konfirmasi)
9.
Guru kembali membahas pendapat siswa tentang pasar di lingkungannya.
Guru menanyakan apa yang bisa dilakukan supaya pasar bersih atau lebih bersih?
10.
Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Guru menguatkan
bahwa menjaga lingkungan bersih adalah tanggung jawab kita bersama (menalar)
11.
Setiap siswa akan mengisi hal-hal yang bisa dilakukan untuk
menjaga kebersihan lingkungan dalam bentuk peta pikiran yang ada di buku siswa
(mencoba)
12.
Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya kepada guru. Guru memotivasi
siswa untuk mencoba kegiatan-kegiatan menjaga lingkungan yang ditulisnya. Guru
menyampaikan bahwa kegiatan bisa dilakukan dari hal yang paling sederhana
seperti membuang sampah pada tempatnya (mengkomunikasikan)
13.
Di akhir sesi, guru menyampaikan kepada siswa untuk peduli dan bertanggung
jawab terhadap kebesihan lingkungan. Hal sederhana seperti membuang sampah pada
tempatnya, mengambil sampah di tempat umum bisa dilakukan demi kebersihan
lingkungan. Ketika lingkungan bersih semua orang akan nyaman. (konfirmasi)
·
Kegiatan
II
14.
Di sesi ini, siswa akan berkreasi membuat montase dari majalah
atau koran bekas. Guru menyampaikan bahwa kegiatan cinta lingkungan juga bisa
disampaikan melalui montase.
15.
Guru membawa montase yang dibuat sendiri atau yang gambar yang ada
di buku siswa
16.
Siswa mengamati montase tersebut dan mendiskusikan
17.
Siswa dan guru membahas satu persatu pertanyaan tersebut
(mengkomunikasikan)
18.
Guru menguatkan bahwa kerapian, perpaduan warna, perbaduan gambar yang
ditempel adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat montase
(konfirmasi)
19.
Guru menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan atau siswa diminta membawa
alat dan bahan tersebut di pertemuan
sebelumnya.
20.
Guru memberikan contoh cara menggunting dan menempel yang benar.
21.
Siswa mencari gambar yang sesuai bertema cintai lingkungan dengan kreasi
mereka. Guru memotivasi untuk menempel dengan rapi dan memperhatikan komposisi
(baik warna maupun bentuk) (menganalisis)
22.
Guru mendampingi siswa yang masih kesulitan untuk menempel, menggunting
atau mencari gambar yang sesuai.
23.
Setelah selesai, hasil pekerjaan siswa bisa dipajang di papan
pajang atau di jendela. Guru mengingatkan siswa untuk memberikan nama, hari dan
tanggal untuk karyanya.
·
Kegiatan
III
24.
Setelah selesai, siswa diminta membaca cerita Dayu, Lani dan Siti
yang ingin membingkai montasenya (menalar)
25.
Siswa diminta mengerjakan soal tersebut dengan teknik mengerjakan soal
cerita yang sudah dikenalkan di pertemuan sebelumnya. Guru menyampaikan kepada
siswa untuk mengikuti langkah-langkah dengan teliti. (mencoba)
26.
Siswa menyampaikan jawabannya kepada teman pasangannya. Siswa saling
memberikan pendapat tentang jawaban temannya. (mengkomunikasikan)
27.
Guru bertanya, strategi apa yang digunakan? Siswa menyampaikan
secara bergantian. Guru menuliskan strategi-strategi tersebut di papan tulis.
(menalar)
28.
Siswa akan bereksplorasi untuk menemukan konsep perkalian dan pembagian
decimal. Siswa menyimpulkan hasil eksplorasinya. (mmenalar)
29.
Siswa mengerjakan soal-soal penaksiran yang ada di buku siswa
(mencoba).
30.
Siswa akan membuat soal tentang penaksiran desimal. Guru mencontohkan
terlebih dahulu soal. (mencoba)
31.
Siswa menulis pertanyaan tersebut dan menjawabnya dengan strategi menjawab
soal cerita. (mencoba)
32.
Guru membahas soal tersebut
mulai dari kata kunci sampai dengan kesimpulan. Guru bisa mencontohkan soal
lainnya untuk penguatan siswa.
33.
Siswa membuat 2 soal cerita dan menyelesaikannya sendiri. Guru menyampaikan
rubrik penilaian untuk soal cerita yang dibuat. (mencoba)
34.
Soal cerita yang siswa buat diperiksa oleh temannya. Hal-hal yang
perlu diperhatikan siswa saat memeriksa pekerjaan temannya adalah kriteria di rubrik.
Guru berkeliling untuk melihat pekerjaan siswa. (menganalisis)
35.
Siswa akan melakukan perbaikan terhadap soal yang dibuat dan jawabannya.
36.
Jika dirasa sudah, soal dan jawaban tersebut akan ditulis
di kertas hvs atau lainnya. Produk ini bisa dipajang di jendela atau papan pajang.
C.
Kegiatan penutup
1. Evaluasi
2. Refleksi
·
Bagaimana
perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini ?
·
Kegiatan
apa yang kamu sukai ? mengapa ?
·
Kegiatan
mana yang paling mudah atau paling sulit ? mengapa ?
·
Sikap
apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah tadi kita
belajar?
3. Guru memberikan
penguatan dan mengajak siswa membuat kesimpulan tentang pembelajaran hari ini
4. Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan esok hari
5. Meminta seorang
siswa memimpin doa
6. siswa memberi
salam kepada guru
J. Penilaian hasil pembelajaran
1. Penilaian pengetahuan
Pedoman
Penilaian
Tes Tertulis
: Skor
Skor
Maksimal : 100
Penilaian
(penskoran) :
x
100
Konversi Nilai
(skala 0-100)
|
Predikat
|
klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Bagus)
|
51-56
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kurang
|
a)
Soal dan kunci
jawaban
1.
Tuliskan
5 contoh dalam menjaga lingkungan di sekitar sekolah
Kunci jawaban :
a. Tidak membuang
sampah sembarangan
b. rajin membersihkan lingkungan sekolah
c. merawat tanaman yang ada di sekolah
d. tidak mencoret coret meja atau dinding sekolah
e. melakukan kerja bakti rutin
b. rajin membersihkan lingkungan sekolah
c. merawat tanaman yang ada di sekolah
d. tidak mencoret coret meja atau dinding sekolah
e. melakukan kerja bakti rutin
2. Tuliskan 5 bahan yang digunakan dalam pembuatan montase
Kunci jawaban :
a. Majalah
b. Koran
c. Gambar-gambar yang akan dijadikan montase
d. Kertas hvs atau karton
e. Lem
3. Hitunglah hasil penaksiran berikut ke dalam satuan terdekat
a. 15, 7 x 3,4
b. 33, 6 x 5,1
c. 24,3 x 3,2
d. 44,8 x 9
e. 56, 3 : 7
Kunci jawaban:
a. 15,7 x 3,4
Hasil pembulatan 15,7
adalah 16
Hasil pembulatan 3,4
adalah 3
Hasil taksirannya 16 x
3 = 48
b. 33,6 x 5,1
Hasil pembulatan 33,6
adalah 34
Hasil pembulatan 5,1
adalah 5
Hasil taksirannya 34 x
5 = 170
c. 24,3 x 3,2
Hasil pembulatan 24,3
adalah 24
Hasil pembulatan 3,2
adalah 3
Hasil taksirannya 24 x
3 = 72
d. 15,7 x 3,4
Hasil pembulatan 15,7
adalah 16
Hasil pembulatan 3,4
adalah 3
Hasil taksirannya 16 x
3 = 48
e. 44,8 : 9
Hasil pembulatan 44,8
adalah 45
Hasil taksirannya 45 :
9 = 8
b)
Pedoman penskoran
Tabel penilaian untuk soal nomor 1
HASIL
|
SKOR
|
Jika jawaban benar 5
|
10
|
Jika jawaban benar 4
|
8
|
Jika jawaban benar 3
|
6
|
Jika jawaban benar 2
|
4
|
Jika jawaban benar 1
|
2
|
Keterangan :
Jumlah skor maksimal adalah 10
Nilai 1 =
x 100
Tabel penilaian untuk soal nomor 2
HASIL
|
SKOR
|
Jika jawaban benar 5
|
10
|
Jika jawaban benar 4
|
8
|
Jika jawaban benar 3
|
6
|
Jika jawaban benar 2
|
4
|
Jika jawaban benar 1
|
2
|
Keterangan :
Jumlah skor maksimal adalah 10
Nilai
2
=
x 100
Tabel penilaian untuk soal nomor 3
HASIL
|
SKOR
|
Jika jawaban benar 5
|
10
|
Jika jawaban benar 4
|
8
|
Jika jawaban benar 3
|
6
|
Jika jawaban benar 2
|
4
|
Jika jawaban benar 1
|
2
|
Keterangan :
Jumlah skor maksimal adalah 10
Nilai 2 =
x 100
Hasil Nilai Akhir
:
Nilai Akhir =
|
2.
Penilaian
keterampilan
a. Ppkn : 4 cara menjaga lingkungan
Kriteria
|
Sangat baik (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu pendampingan
(1)
|
Mudah dilakukan.
|
4
cara yang
ditulis
mudah
untuk dilaksanakan.
|
3
cara yang
ditulis
mudah
untuk dilaksanakan.
|
2
cara yang
ditulis
mudah
untuk dilaksanakan.
|
1
cara yang
ditulis
mudah
untuk dilaksanakan.
|
Sesuai
Kebutuhan lingkungan.
|
4
cara yang
ditulis
sesuai
dengan
kebutuhan
lingkungan.
|
3 cara
yang
ditulis
sesuai
dengan
kebutuhan
lingkungan.
|
2
cara yang
ditulis
sesuai
dengan
kebutuhan
lingkungan.
|
1
cara yang
ditulis
sesuai
dengan
kebutuhan lingkungan.
|
Memberikan
manfaat baik
bagi lingkungan.
|
4
cara
tersebut
memberikan
manfaat
baik
bagi lingkungan.
|
3
cara
tersebut
memberikan
manfaat
baik
bagi lingkungan.
|
2
cara
tersebut
memberikan
manfaat
baik
bagi lingkungan.
|
1
cara tersebut
memberikan
manfaat
baik bagi lingkungan.
|
Penilaian :
x 10
b.
SBdP : Montase
Kriteria
|
Sangat baik (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu pendampingan
(1)
|
Teknik Menempel.
|
Seluruh
bahan
ditempel dengan
rapi.
|
Sebagian
besar
bahan ditempel
dengan rapi.
|
Sebagian
bahan
ditempel dengan
rapi.
|
Sebagian
kecil
ditempel
dengan rapi.
|
Pemilihan Bahan.
|
Memilih
seluruh bahan
(gambar) dengan
sesuai.
|
Memilih
sebagian
besar
bahan
(gambar) dengan
sesuai
|
Memilih
sebagian bahan
(gambar) dengan
sesuai
|
Memilih
sebagian kecil
bahan (gambar)
dengan sesuai
|
Keserasian.
|
Menempel
semua
bahanbahan
dengan serasi.
|
Menempel
sebagian besar
bahan- bahan dengan
serasi.
|
Menempel
sebagian
bahan-bahan dengan
serasi
|
Menempel
sebagian kecil
bahan-bahan dengan
serasi.
|
Penilaian
:
x 10
c.
Matematika : Rubrik Soal Cerita
Kriteria
|
Sangat Baik (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Pendampingan (1)
|
Realistis
|
Menuliskan
kondisi
maupun
angkaangka
dalam
soal cerita
dengan masuk
akal.
|
Menuliskan
kondisi dalam
soal cerita
dengan masuk
akal, namun
angka-angka
yang
dituliskan
kurang masuk
akal.
|
Menuliskan
kondisi dalam
soal cerita
dengan
kurang masuk
akal meskipun
angka-angka
yang
dituliskan
masuk akal.
|
Menuliskan
kondisi dan
angka-angka
dalam soal
cerita dengan
tidak masuk
akal.
|
Konsep
|
Soal cerita
yang dibuat
memuat
Konsep operasi
penaksiran
pecahan:
penjumlahan,
pengurangan
dan perkalian.
|
Soal cerita
yang dibuat
memuat dua
dari
tiga konsep
yang
diminta.
|
Soal cerita
yang
dibuat memuat
satu dari tiga
konsep yang
diminta.
|
Soal cerita
yang
dibuat tidak
memuat konsep
yang diminta.
|
Tingkat
kesulitan
|
Soal cerita
yang dibuat
memerlukan
tiga langkah
penyelesaian.
|
Soal cerita
yang dibuat
memerlukan
dua langkah
penyelesaian.
|
Soal cerita
yang
dibuat
memerlukan
satu langkah
penyelesaian.
|
Soal cerita
tidak jelas
tingkat
kesulitannya.
|
Hal yang
diketahui dan
ditanyakan
|
Menuliskan
hal-hal yang
diketahui dan
ditanyakan
dengan jelas.
|
Menuliskan
hal-hal yang
diketahui
dengan jelas,
namun hal yang
ditanyakan
kurang jelas.
|
Menuliskan
hal-hal yang
diketahui
dengan jelas,
namun hal yang
ditanyakan
kurang jelas.
|
Menuliskan
hal-hal yang
diketahui dan
ditanyakan
dengan kurang
jelas.
|
Penilaian :
x 10
Matematika : penyelesaian soal cerita
kriteria
|
Sangat
baik (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
pendampingan (1)
|
Identifikasi Soal
|
Memberikan
tanda semua
kata-kata
kunci
dengan
benar.
|
Memberikan
tanda
sebagian besar
kata- kata
kunci
dengan benar.
|
Memberikan
tanda sebagian
kata-kata
kunci
dengan benar.
|
Memberikan
tanda
sebagian kecil
kata-kata
kunci
dengan benar.
|
Hal yang
diketahui
dan
ditanyakan
|
Menuliskan
semua hal
yang diketahui
dan ditanyakan
dengan benar
|
Menuliskan
hal yang
ditanyakan,
namun ada hal
yang diketahui
tidak ditulis.
|
Menuliskan
semua hal yang
diketahui
dengan benar,
namun hal yang
ditanyakan
kurang tepat.
|
Menuliskan hal
yang diketahui
dan ditanyakan
dengan kurang
tepat.
|
Langkah
Penyelesaian
|
Menuliskan
konversi
satuan
dan
langkahlangkah
penyelesaian
dengan runtut
dan
benar.
|
Menuliskan
konversi
satuan
dengan benar,
namun
langkahlangkah
penyelesaian
kurang runtut
meskipun
hasilnya
benar.
|
Menuliskan
konversi
satuan
dengan benar,
namun
langkahlangkah
penyelesaian
kurang runtut
dan hasilnya
kurang benar.
|
Tidak
menuliskan
konversi
satuan
dan
langkahlangkah
penyelesaian
tidak runtut.
|
Hasil
|
Melakukan
operasi
perhitungan
dengan benar
dan hasil
akhir
benar.
|
Melakukan
satu kesalahan
pada saat
operasi
perhitungan
sehingga hasil
akhir kurang
tepat.
|
Melakukan dua
kesalahan pada
saat operasi
perhitungan
sehingga hasil
akhir kurang
tepat.
|
Melakukan tiga
atau lebih
kesalahan pada
saat operasi
perhitungan
sehingga hasil
akhir kurang
tepat.
|
Cek kembali
|
Mengecek
kembali hasil
akhir dan
menuliskan
kesimpulan
dengan
benar
|
Mengecek
kembali hasil
akhir, namun
tidak
menuliskan
kesimpulan
|
Tidak mengecek
kembali hasil
akhir meskipun
menuliskan
kesimpulan
dengan benar
|
Tidak
mengecek
kembali hasil
akhir dan
kesimpulan
yang ditulis
kurang tepat.
|
Penilaian (penskoran) :
x 10
d.
Diskusi
Saat siswa
mendiskusikan pertanyaan berdasarkan teks “pergi ke pasar"
Kriteria
|
Sangat Baik (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Pendampingan (1)
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
|
Mendengarkan
teman yang
berbicara
namun
sesekali masih
perlu diingatkan.
|
Masih perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
|
Sering
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara
namun tidak mengindahkan.
|
Komunikasi
non
verbal
(kontak
mata,
bahasa
tubuh,
postur,
ekspresi
wajah, suara)
|
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan tepat.
|
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non verbal
yang
ditunjukkan teman.
|
Sering
merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non verbal
yang
ditunjukkan teman.
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal
yang
ditunjukkan teman.
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan,
pikiran)
|
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat diskusi.
|
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai dengan topik.
|
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci,namun
terkadang
merespon
kurang
sesuai dengan
topik.
|
Jarang
berbicara
selama
proses diskusi
berlangsung.
|
Penilaian (penskoran) :
x 10
3. Penilaian Sikap
No
|
Nama siswa
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
||||||||
M
|
MB
|
MT
|
BT
|
M
|
MB
|
MT
|
BT
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Agus
Astuti
|
||||||||
2.
|
Deri
Rahman Hakim
|
||||||||
3.
|
Gita
Anggraini
|
||||||||
4.
|
Hendra
Dama Saputra
|
||||||||
5.
|
Ilyasa
Putra
|
||||||||
6.
|
Laura
Adinha Candra Kirana
|
||||||||
7.
|
Revaldi
Putra
|
||||||||
8.
|
Silvester
Herlino
|
Keterangan
:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
M : Membudaya
Penilaian (penskoran) :
x 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar