Sabtu, 03 Juni 2017

RPP MATEMATIKA KELAS 4 SD (PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP)

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

Satuan Pendidikan    :  SDN 05 Sintang
Kelas/Semester          :  IV/1
Tema                          : Peduli Terhadap Makhluk Hidup (3)
Sub Tema                   :  Ayo, Cintai Lingkungan (3)
Pertemuan                 :  2
Alokasi Waktu           :  6 x 35 menit

A.    Kompetensi Inti
K1       : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
K2       : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  
              diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
K3       : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
              membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,   makhluk
              ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
              sekolah, dan tempat bermain.
K4       : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,      
              dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
              dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
 PPKN
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-
      hari
4.2 Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam   
      kehidupan sehari-hari
Indikator:
3.2.15 Menganalisis hak dan kewajiban dari masalah menjaga lingkungan yang diberikan
4.2.15 Memberikan contoh tindakan yang bisa dilakukan untuk melaksanakan hak dan  
           kewajiaban dalam kaitannya menjaga lingkungan



MATEMATIKA
3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil
      bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
4.3 Menyelesaikan  masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua  
      bilangan cacah maupun pecahan
Indikator:
3.3.10 Menjelaskan cara melakukan penaksiran jumlah dan selisih bilangan decimal
4.3.10 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih  
           bilangan decimal

SBDP
3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel
4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik
Indikator:
3.4.5 Menjelaskan teknik membuat montase
4.4.5 membuat montase dari bahan bekas

C.    Tujuan

1.      Setelah diberikan masalah, siswa mampu menganalisis hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan dengan terperinci.
2.      Setelah berdiskusi, memberikan 4 contoh tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungannya (melaksanakan hak dan kewajiban) dengan benar.
3.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu Menjelaskan cara melakukan penaksiran jumlah dan selisih bilangan desimal dengan benar Setelah bereksplorasi, siswa mampu menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan desimal dengan benar.
4.      Setelah mengamati montase, siswa mampu menjelaskan teknik membuat montase dengan benar.
5.      Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat montase dari bahan bekas dengan kreatif.


D.    Materi Pokok

1.      Menuliskan tugas dengan  menjawab soal dari pertanyaan berdasarkan teks yang telah disediakan Hal 106-107
2.      Menuliskan tugas yang berhubungan dengan bagaimana cara kita menjaga lingkungan serta jelaskan contohnya Hal 107
3.      Menuliskan tugas yang berhubungan dengan contoh sikap posisitif dalam menjaga lingkungan Hal 108
4.      Melatih diri dengan berdiskusi dan menuliskan tugas disekolah yang berhubungan dengan cara membuat montase Hal 109
5.      Menuliskan tugas disekolah yang berkaitan dengan menaksir panjang benda melalui soal cerita Hal 110
6.      Menuliskan tugas disekolah yang berhubungan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari soal yang berupa penaksiran Hal 111-112

E.     Materi Pembelajaran

1.      Menuliskan tugas dengan  menjawab soal dari pertanyaan berdasarkan teks yang telah disediakan Hal 106-107
      Siswa menuliskan tugas dengan menjawab soal dari pertanyaan yang telah disediakan berdasarkan teks bacaan yang telah disediakan yang terdapat pada buku siswa halaman 106-107
2.      Menuliskan tugas yang berhubungan dengan Bagaimana cara kita menjaga lingkungan serta jelaskan 4 contohnya Hal 107
      Siswa menuliskan tugas yang berhubungan dengan cara menjaga lingkungan serta menjelaskan 4 contohnya yang terdapat pada buku siswa halaman 107
3.      Menuliskan tugas disekolah yang berhubungan dengan contoh sikap posisitif dalam menjaga lingkungan Hal 108
      Siswa menuliskan tugas di sekolah dengan menuliskan contoh sikap positif dalam menjaga lingkungan yang terdapat pada buku siswa halaman 108
4.      Melatih diri dengan berdiskusi dan menuliskan tugas disekolah yang berhubungan dengan cara membuat montase Hal 109
      Siswa bersama dengan kelompoknya mengamati, mendiskusikan, dan melatih diri yang berhubungan dengan cara membuat montase yang terdapat pada buku siswa halaman 109
5.      Menuliskan tugas disekolah yang berkaitan dengan menaksir panjang benda melalui soal cerita Hal 110
      Siswa menuliskan tugas disekolah dengan menjawab soal berdasarkan pertanyaan yang berupa cerita dengan jawaban berupa taksiran yang terdapat pada buku siswa halaman 110
6.      Menuliskan tugas disekolah yang berhubungan dengan penaksiran menjawab pertanyaan-pertanyaan dari soal yang berupa penaksiran Hal 111-112
      Siswa menuliskan tugas disekolah dengan menjawab pertanyaan yang jawabannya berupa penaksiran yang terdapat pada buku siswa halaman 111-112


F.     Pendekatan Dan Metode Pembelajaran

Pendekatan     : Saintifik     
Metode            : Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab Dan Penugasan

G.    Media Dan Alat Pembelajaran
·      Montase
·      Majalah bekas
·      Koran bekas
·      Kertas hvs yang salah satunya sisinya sudah terpakai
·      Gunting
·      Lem

H.    Sumber Belajar

·      Afriki,Dkk. 2013. Buku Siswa Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas IV Edisi Revisi. Jakarta, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Halaman 105)

·      Afriki, Dkk. 2013. Buku Guru Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas IV Edisi Revisi. Jakarta, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Halaman 141)


I.       Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

A.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.      Guru mengucapkan salam kepada siswa
2.      Guru meminta siswa untuk berdoa
3.      Guru mengecek kehadiran siswa
4.      Guru menyampaikan tema yang akan dibahas, yaitu peduli terhadap makhluk hidup dengan subtema ayo, cintai lingkungan
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

B.     Kegiatan Inti (160 menit)
·         Kegiatan I
1.               Di awal pembelajaran guru bertanya kepada siswa, pernahkah kalian pergi ke pasar? Bagaimana perasaan kalian ketika di pasar? Adakah hal-hal yang baik dan kurang baik yang kalian lihat saat dipasar?
2.               Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menyampaikan pendapatnya. Guru juga menceritakan pengalamannya saat pergi ke pasar. Hal yang diceritakan adalah kebersihan lingkungan di pasar (menalar)
3.               Guru bertanya kepada siswa, bagaimana kebersihan pasar yang kalian kunjungi? Siswa menyampaikan pendapatnya. Guru, menuliskan pendapat siswa tersebut di papan tulis. Guru menyampaikan bahwa pendapat tersebut akan disimpan terlebih dahulu.
4.               Siswa diminta membaca teks Pergi ke Pasar yang ada di buku siswa. Siswa membaca teks dengan membaca berantai. Satu siswa membaca kemudian siswa lain mendengarkan. Guru menunjuk siswa lain secara acak untuk melanjutkan membaca. Guru mengingatkan siswa untuk mendengarkan cerita dengan seksama (mengkomunikasikan)


Pergi ke Pasar

Pulang sekolah, Udin, Dayu dan Beni berkunjung ke pasar. Beni ingin membeli sapu ijuk titipan ibunya. Hari itu, pasar terlihat rame. Mereka masuk ke bagian dalam dan mencari penjual sapu ijuk. Tak berapa lama, Udin menutup hidungnya. Ia tak kuat menahan bau menusuk yang datang dari sampah yang berantakan di pasar. Dayu dan Beni juga ikut menutup hidung mereka. Untungnya, penjual ijuk
segera terlihat. Mereka segera mendatangi dan membeli sapu ijuk.
“Beni, ayo kita segera pergi dari sini. Aku sudah tidak tahan dengan baunya.” bisik Udin.
“Iya, Udin. Ayo kita pergi!”sahut Beni.
“Mengapa baunya bisa seperti ini teman-teman?”tanya Dayu.
“Sepertinya, keadaan ini karena banyak sekali sampah yang tidak dibuang di
tempatnya, sehingga baunya busuk. Aku khawatir, pembeli bisa sakit”
 “Wah, kalau seperti ini terus, bisa-bisa nanti terjadi banjir karena aliran air
tidak lancar,”keluh Udin. “Apa yang harus kita lakukan, ya, teman-teman?”
“Salah satunya, kita harus membuang sampah pada tempatnya,”jawab Beni.
Dalam hati, mereka tidak ingin hal seperti itu terjadi pada lingkungan. Hari
itu, Dayu, Beni dan Udin mendapat pengalaman berharga.

 






















5.               Siswa diminta oleh guru untuk duduk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Guru mengelompokkan siswa berdasarkan hitungan 1-8 (jika siswa berjumlah 32). Siswa yang bernomor sama akan menjadi satu kelompok. Siswa dalam kelompok mendiskusikan pertanyaan- pertanyaan yang ada di buku siswa (mengkomunikasikan)
6.               Kelompok 1 akan bergabung dengan kelompok 2. Kelompok 3 dengan 4 dan seterusnya. Setiap kelompok memilih perwakilannya untuk berpresentasi. Perwakilan kelompok mempresentasikan satu persatu jawabannya secara bergantian. Misalkan perwakilan kelompok 1 mempresentasikan soal nomor 1, setelah selesai barulah perwakilan 2 juga mempresentasikan soal nomor 1. Begitu seterusnya secara bergantian. Teman kelompok lain bisa memberikan masukkannya (mengkomunikasikan)
7.               Siswa dan guru akan membahas secara klasikal soal satu persatu (menganalisis)
8.               Guru menyampaikan bahwa membuang sampah sembarangan bisa membuat pasar menjadi bau. Ketika pasar bau, artinya sudah mengambil hak orang lain untuk mendapatkan udara bersih. Setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang bersih dan nyaman. Ketika kita membuang sampah sembarang, kita sudah mengambil hak orang lain (konfirmasi)
9.               Guru kembali membahas pendapat siswa tentang pasar di lingkungannya. Guru menanyakan apa yang bisa dilakukan supaya pasar bersih atau lebih bersih?
10.           Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Guru menguatkan bahwa menjaga lingkungan bersih adalah tanggung jawab kita bersama (menalar)
11.           Setiap siswa akan mengisi hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam bentuk peta pikiran yang ada di buku siswa (mencoba)
12.           Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya kepada guru. Guru memotivasi siswa untuk mencoba kegiatan-kegiatan menjaga lingkungan yang ditulisnya. Guru menyampaikan bahwa kegiatan bisa dilakukan dari hal yang paling sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya (mengkomunikasikan)
13.           Di akhir sesi, guru menyampaikan kepada siswa untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap kebesihan lingkungan. Hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, mengambil sampah di tempat umum bisa dilakukan demi kebersihan lingkungan. Ketika lingkungan bersih semua orang akan nyaman. (konfirmasi)

·         Kegiatan II
14.           Di sesi ini, siswa akan berkreasi membuat montase dari majalah atau koran bekas. Guru menyampaikan bahwa kegiatan cinta lingkungan juga bisa disampaikan melalui montase.
15.           Guru membawa montase yang dibuat sendiri atau yang gambar yang ada di buku siswa
16.           Siswa mengamati montase tersebut dan mendiskusikan
                                
17.           Siswa dan guru membahas satu persatu pertanyaan tersebut (mengkomunikasikan)
18.           Guru menguatkan bahwa kerapian, perpaduan warna, perbaduan gambar yang ditempel adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat montase (konfirmasi)
19.           Guru menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan atau siswa diminta membawa alat  dan bahan tersebut di pertemuan sebelumnya.
20.           Guru memberikan contoh cara menggunting dan menempel yang benar.
21.           Siswa mencari gambar yang sesuai bertema cintai lingkungan dengan kreasi mereka. Guru memotivasi untuk menempel dengan rapi dan memperhatikan komposisi (baik warna maupun bentuk) (menganalisis)
22.           Guru mendampingi siswa yang masih kesulitan untuk menempel, menggunting atau mencari gambar yang sesuai.
23.           Setelah selesai, hasil pekerjaan siswa bisa dipajang di papan pajang atau di jendela. Guru mengingatkan siswa untuk memberikan nama, hari dan tanggal untuk karyanya.

·         Kegiatan III
24.           Setelah selesai, siswa diminta membaca cerita Dayu, Lani dan Siti yang ingin membingkai montasenya (menalar)
25.           Siswa diminta mengerjakan soal tersebut dengan teknik mengerjakan soal cerita yang sudah dikenalkan di pertemuan sebelumnya. Guru menyampaikan kepada siswa untuk mengikuti langkah-langkah dengan teliti. (mencoba)
26.           Siswa menyampaikan jawabannya kepada teman pasangannya. Siswa saling memberikan pendapat tentang jawaban temannya. (mengkomunikasikan)
27.           Guru bertanya, strategi apa yang digunakan? Siswa menyampaikan secara bergantian. Guru menuliskan strategi-strategi tersebut di papan tulis. (menalar)
28.           Siswa akan bereksplorasi untuk menemukan konsep perkalian dan pembagian decimal. Siswa menyimpulkan hasil eksplorasinya. (mmenalar)
29.           Siswa mengerjakan soal-soal penaksiran yang ada di buku siswa (mencoba).
30.           Siswa akan membuat soal tentang penaksiran desimal. Guru mencontohkan terlebih dahulu soal. (mencoba)
31.           Siswa menulis pertanyaan tersebut dan menjawabnya dengan strategi menjawab soal cerita. (mencoba)
32.            Guru membahas soal tersebut mulai dari kata kunci sampai dengan kesimpulan. Guru bisa mencontohkan soal lainnya untuk penguatan siswa.
33.           Siswa membuat 2 soal cerita dan menyelesaikannya sendiri. Guru menyampaikan rubrik penilaian untuk soal cerita yang dibuat. (mencoba)
34.           Soal cerita yang siswa buat diperiksa oleh temannya. Hal-hal yang perlu diperhatikan siswa saat memeriksa pekerjaan temannya adalah kriteria di rubrik. Guru berkeliling untuk melihat pekerjaan siswa. (menganalisis)
35.           Siswa akan melakukan perbaikan terhadap soal yang dibuat dan jawabannya.
36.           Jika dirasa sudah, soal dan jawaban tersebut akan ditulis di kertas hvs atau lainnya. Produk ini bisa dipajang di jendela atau papan  pajang.

C.    Kegiatan penutup
1. Evaluasi
2. Refleksi
·         Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini ?
·         Kegiatan apa yang kamu sukai ? mengapa ?
·         Kegiatan mana yang paling mudah atau paling sulit ? mengapa ?
·         Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah tadi kita belajar?
3. Guru memberikan penguatan dan mengajak siswa membuat kesimpulan tentang pembelajaran hari ini
4. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan esok hari
5. Meminta seorang siswa memimpin doa
6. siswa memberi salam kepada guru



J.      Penilaian hasil pembelajaran

1.      Penilaian pengetahuan
Pedoman Penilaian
Tes Tertulis            : Skor
Skor Maksimal      : 100

Penilaian (penskoran) :   x 100

Konversi Nilai
(skala 0-100)
Predikat
klasifikasi
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Bagus)
51-56
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kurang

a)      Soal dan kunci jawaban

1.      Tuliskan 5 contoh dalam menjaga lingkungan di sekitar sekolah
Kunci jawaban :
a. Tidak membuang sampah sembarangan
b. rajin membersihkan lingkungan sekolah
c. merawat tanaman yang ada di sekolah
d. tidak mencoret coret meja atau dinding sekolah
e. melakukan kerja bakti rutin
2.      Tuliskan 5 bahan yang digunakan dalam pembuatan montase
Kunci jawaban :
a.       Majalah
b.      Koran
c.       Gambar-gambar yang akan dijadikan montase
d.      Kertas hvs atau karton
e.       Lem
3.      Hitunglah hasil penaksiran berikut ke dalam satuan terdekat
a.       15, 7 x 3,4
b.      33, 6 x 5,1
c.       24,3 x 3,2
d.      44,8 x 9
e.       56, 3 : 7
Kunci jawaban:
a.       15,7 x 3,4
Hasil pembulatan 15,7 adalah 16
Hasil pembulatan 3,4 adalah 3
Hasil taksirannya 16 x 3 = 48
b.      33,6 x 5,1
Hasil pembulatan 33,6 adalah 34
Hasil pembulatan 5,1 adalah 5
Hasil taksirannya 34 x 5 = 170
c.       24,3 x 3,2
Hasil pembulatan 24,3 adalah 24
Hasil pembulatan 3,2 adalah 3
Hasil taksirannya 24 x 3 = 72
d.      15,7 x 3,4
Hasil pembulatan 15,7 adalah 16
Hasil pembulatan 3,4 adalah 3
Hasil taksirannya 16 x 3 = 48
e.       44,8 : 9
Hasil pembulatan 44,8 adalah 45
Hasil taksirannya 45 : 9 = 8

b)     Pedoman penskoran

Tabel penilaian untuk soal nomor 1


HASIL

SKOR
Jika jawaban benar 5
10
Jika jawaban benar 4
8
Jika jawaban benar 3
6
Jika jawaban benar 2
4
Jika jawaban benar 1
2
Keterangan :
        Jumlah skor maksimal adalah 10

        Nilai 1 =  x 100

Tabel penilaian untuk soal nomor 2


HASIL

SKOR
Jika jawaban benar 5
10
Jika jawaban benar 4
8
Jika jawaban benar 3
6
Jika jawaban benar 2
4
Jika jawaban benar 1
2
Keterangan :
        Jumlah skor maksimal adalah 10

        Nilai 2 =  x 100


Tabel penilaian untuk soal nomor 3


HASIL

SKOR
Jika jawaban benar 5
10
Jika jawaban benar 4
8
Jika jawaban benar 3
6
Jika jawaban benar 2
4
Jika jawaban benar 1
2
Keterangan :
        Jumlah skor maksimal adalah 10

        Nilai 2 =  x 100

Hasil Nilai Akhir :

   Nilai Akhir =

 


          






2.    Penilaian keterampilan
a.       Ppkn : 4 cara menjaga lingkungan

Kriteria

Sangat baik (4)

Baik (3)

Cukup (2)
Perlu pendampingan (1)
Mudah dilakukan.
4 cara yang
ditulis
mudah untuk dilaksanakan.
3 cara yang
ditulis
mudah untuk dilaksanakan.
2 cara yang
ditulis
mudah untuk dilaksanakan.
1 cara yang
ditulis
mudah untuk dilaksanakan.
Sesuai
Kebutuhan lingkungan.
4 cara yang
ditulis sesuai
dengan
kebutuhan lingkungan.
3 cara yang
ditulis sesuai
dengan
kebutuhan lingkungan.
2 cara yang
ditulis sesuai
dengan
kebutuhan lingkungan.
1 cara yang
ditulis sesuai
dengan kebutuhan lingkungan.
Memberikan
manfaat baik
bagi lingkungan.
4 cara
tersebut
memberikan
manfaat
baik bagi lingkungan.
3 cara
tersebut
memberikan
manfaat
baik bagi lingkungan.
2 cara
tersebut
memberikan
manfaat
baik bagi lingkungan.
1 cara tersebut
memberikan
manfaat baik bagi lingkungan.

    Penilaian :  x 10


b.      SBdP : Montase


Kriteria

Sangat baik (4)

Baik (3)

Cukup (2)
Perlu pendampingan (1)
Teknik Menempel.
Seluruh
bahan
ditempel dengan rapi.
Sebagian
besar
bahan ditempel dengan rapi.
Sebagian
bahan
ditempel dengan rapi.
Sebagian
kecil
ditempel dengan rapi.
Pemilihan Bahan.
Memilih
seluruh bahan
(gambar) dengan sesuai.
Memilih
sebagian
besar
bahan
(gambar) dengan sesuai
Memilih
sebagian bahan
(gambar) dengan sesuai
Memilih
sebagian kecil
bahan (gambar) dengan sesuai
Keserasian.
Menempel
semua bahanbahan
dengan serasi.
Menempel
sebagian besar
bahan- bahan dengan serasi.
Menempel
sebagian
bahan-bahan dengan serasi
Menempel
sebagian kecil
bahan-bahan dengan serasi.

    Penilaian :  x 10




c.       Matematika : Rubrik Soal Cerita


Kriteria

Sangat Baik (4)

Baik (3)

Cukup (2)
Perlu Pendampingan (1)
Realistis
Menuliskan
kondisi
maupun angkaangka
dalam
soal cerita
dengan masuk
akal.
Menuliskan
kondisi dalam
soal cerita
dengan masuk
akal, namun
angka-angka
yang dituliskan
kurang masuk
akal.
Menuliskan
kondisi dalam
soal cerita dengan
kurang masuk
akal meskipun
angka-angka yang
dituliskan masuk akal.
Menuliskan
kondisi dan
angka-angka
dalam soal
cerita dengan
tidak masuk
akal.
Konsep
Soal cerita
yang dibuat
memuat
Konsep operasi
penaksiran
pecahan:
penjumlahan,
pengurangan
dan perkalian.
Soal cerita
yang dibuat
memuat dua dari
tiga konsep yang
diminta.
Soal cerita yang
dibuat memuat
satu dari tiga
konsep yang
diminta.
Soal cerita yang
dibuat tidak
memuat konsep
yang diminta.
Tingkat
kesulitan
Soal cerita
yang dibuat
memerlukan
tiga langkah
penyelesaian.
Soal cerita
yang dibuat
memerlukan
dua langkah
penyelesaian.
Soal cerita yang
dibuat
memerlukan
satu langkah
penyelesaian.
Soal cerita
tidak jelas
tingkat
kesulitannya.
Hal yang
diketahui dan
ditanyakan
Menuliskan
hal-hal yang
diketahui dan
ditanyakan
dengan jelas.
Menuliskan
hal-hal yang
diketahui
dengan jelas,
namun hal yang
ditanyakan
kurang jelas.
Menuliskan
hal-hal yang
diketahui
dengan jelas,
namun hal yang
ditanyakan
kurang jelas.
Menuliskan
hal-hal yang
diketahui dan
ditanyakan
dengan kurang
jelas.


    Penilaian :  x 10


     Matematika : penyelesaian soal cerita

kriteria
Sangat baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu pendampingan (1)
Identifikasi Soal
Memberikan
tanda semua
kata-kata kunci
dengan benar.
Memberikan
tanda
sebagian besar
kata- kata kunci
dengan benar.
Memberikan
tanda sebagian
kata-kata kunci
dengan benar.
Memberikan
tanda
sebagian kecil
kata-kata kunci
dengan benar.
Hal yang
diketahui
dan
ditanyakan
Menuliskan
semua hal
yang diketahui
dan ditanyakan
dengan benar
Menuliskan
hal yang
ditanyakan,
namun ada hal
yang diketahui
tidak ditulis.
Menuliskan
semua hal yang
diketahui
dengan benar,
namun hal yang
ditanyakan
kurang tepat.
Menuliskan hal
yang diketahui
dan ditanyakan
dengan kurang
tepat.
Langkah
Penyelesaian
Menuliskan
konversi satuan
dan langkahlangkah
penyelesaian
dengan runtut
dan benar.
Menuliskan
konversi satuan
dengan benar,
namun langkahlangkah
penyelesaian
kurang runtut
meskipun
hasilnya
benar.
Menuliskan
konversi satuan
dengan benar,
namun langkahlangkah
penyelesaian
kurang runtut
dan hasilnya
kurang benar.
Tidak
menuliskan
konversi satuan
dan langkahlangkah
penyelesaian
tidak runtut.
Hasil
Melakukan
operasi
perhitungan
dengan benar
dan hasil akhir
benar.
Melakukan
satu kesalahan
pada saat operasi
perhitungan
sehingga hasil
akhir kurang
tepat.
Melakukan dua
kesalahan pada
saat operasi
perhitungan
sehingga hasil
akhir kurang
tepat.
Melakukan tiga
atau lebih
kesalahan pada
saat operasi
perhitungan
sehingga hasil
akhir kurang
tepat.
Cek kembali
Mengecek
kembali hasil
akhir dan
menuliskan
kesimpulan
dengan benar
Mengecek
kembali hasil
akhir, namun
tidak menuliskan
kesimpulan
Tidak mengecek
kembali hasil
akhir meskipun
menuliskan
kesimpulan
dengan benar
Tidak
mengecek
kembali hasil
akhir dan
kesimpulan
yang ditulis
kurang tepat.


    Penilaian (penskoran) :  x 10






d.      Diskusi
       Saat siswa mendiskusikan pertanyaan berdasarkan teks “pergi ke pasar"

Kriteria
Sangat Baik (4)

Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan (1)
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Mendengarkan
teman yang
berbicara namun
sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Sering
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang
sedang berbicara
namun tidak mengindahkan.
Komunikasi non
verbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah, suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbal dengan tepat.
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan teman.
Sering
merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai dengan topik.
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci,namun terkadang
merespon
kurang
sesuai dengan
topik.

Jarang
berbicara
selama
proses diskusi
berlangsung.


     Penilaian (penskoran) :  x 10





3.      Penilaian Sikap

No
Nama siswa
Perubahan tingkah laku
Tanggung  Jawab
Peduli
M
MB
MT
BT
M
MB
MT
BT
4
3
2
1
4
3
2
1
1.       
Agus Astuti








2.       
Deri Rahman Hakim








3.       
Gita Anggraini








4.       
Hendra Dama Saputra








5.       
Ilyasa Putra








6.       
Laura Adinha Candra Kirana








7.       
Revaldi Putra








8.       
Silvester Herlino









Keterangan :

BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
M : Membudaya

Penilaian (penskoran) :  x 10







Tidak ada komentar:

Posting Komentar